Notification

×

Iklan

Iklan

Astaga! Lebih Murah Harga Tiket Pesawat ke Korsel Ketimbang Domestik

Minggu, 09 Juni 2024 | 20:43 WIB Last Updated 2024-06-09T13:43:45Z

Ilustrasi harga tiket pesawat (Foto: Shutterstock)

ARN24.NEWS
– Harga tiket pesawat domestik saat ini masih menjadi sorotan pemerintah. Bagaimana tidak, harga tiket pesawat rute Medan-Korea Selatan lebih murah ketimbang tujuan ke Yogyakarta.


Berdasarkan pantauan, Minggu (9/6/2024), harga tiket Medan-Korea Selatan (Seoul) melalui aplikasi jasa tiket online berkisar seharga Rp 2 juta-Rp 2,5 juta per orang untuk periode bulan Juni 2024. 


Penerbangan termurah seharga Rp 2.004.400 menggunakan Pesawat Batik Air berdurasi sekitar 10 jam dengan transit melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur.


Bahkan, harga tiket pesawat rute Seoul-Medan sempat hanya Rp 1,9 juta dengan menggunakan maskapai Air Asia X+Batik Air dengan transit melalui Kuala Lumpur.


Sementara itu, harga tiket pesawat rute Medan-Yogyakarta termurah dipatok seharga Rp 2.170.499 per orang dengan menggunakan maskapai Citilink. 


Penerbangan ini memiliki durasi perjalanan sama dengan penerbangan ke Seoul selama 10 jam yang akan melakukan transit ke Jakarta.


Hal serupa juga terjadi pada rute Medan-Semarang yang mematok harga tiket pesawat seharga Rp 2,1 juta hingga Rp 2,5 juta per orang. Rute penerbangan ini menggunakan pesawat Citilink dengan transit ke Jakarta terlebih dahulu.


Selain Korea Selatan, harga tiket rute tujuan Hongkong melalui Bandara Kualanamu juga terpantau ramah kantong dibanding domestik dengan mematok harga sekitar Rp 1,4 juta hingga Rp 2 juta per orang. 


Penerbangan termurah terpantau pada akhir Juni menggunakan maskapai Batik Air dengan durasi perjalanan sekitar 19 jam yang melakukan transit ke Kuala Lumpur.


Sebelumnya, mahalnya harga tiket domestik ini juga menjadi perhatian Menparekraf Sandiaga Uno. Ia menyebutkan bahwa isu mahalnya harga tiket domestik ini masih mencari solusi.


"Saya sudah sampaikan keluhan masyarakat ini kepada pak Menteri Perhubungan. Kita semua berharap tentunya agar biaya tiket penerbangan domestik bisa lebih murah dan terjangkau. Walaupun target wisatawan nusantara di semester I 2024 sudah berhasil kita lampaui, namun harga tiket pesawat yang mahal ini memang masih menjadi isu yang harus segera disolusikan," ucap Sandiaga melalui akun instagram resminya, Jumat (7/6/2024) lalu. (cnn/sh)