Notification

×

Iklan

Iklan

Atlet Kurash Sumut Wakili Indonesia di Kejuaraan Asean

Minggu, 23 Juni 2024 | 16:45 WIB Last Updated 2024-06-23T09:45:37Z

Ferkushi) Sumut, Cakra Sitorus. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Prestasi membanggakan ditunjukkan atlet kurash Sumatera Utara (Sumut) yang sedang menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. 


Satu orang atlet mereka dipanggil untuk mewakili Indonesia pada South East Asia Kurash Championship 2024 di Selangor, Malaysia, Juli mendatang.


Hal itu diungkapkan Ketua Pengprov Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Sumut, Cakra Sitorus di Medan, Minggu (23/6/2024). 


"Kita bangga karena atlet Kurash Sumut bisa mewakili Indonesia ke kejuaraan internasional," ujar Cakra Sitorus.


Atlet yang akan tampil di Kejuaraan Asia Tenggara tersebut adalah, Hairani Evelin Ambarita. Atlet asal Serdang Bedagai ini bakal tampil pada kelas -52 kg putri.


"Hairani Evelin Ambarita merupakan salah satu atlet Kurash Sumut yang sedang dipersiapkan menghadapi PON 2024. Kita berharap dia juga bisa meraih medali emas pada PON nanti," jelas Cakra.


Cakra menjelaskan, saat ini Ferkushi Sumut mempersiapkan 9 atlet yang tergabung dalam Pelatda PON Sumut. Mereka menjalani traning camp (TC) di Dojo Indonesian Budokai, Villa Setia Budi Flamboyan, Medan.


"Jumlah atlet Kurash yang didaftarkan saat long list KONI Sumut kemarin sembilan orang. Mereka menjalani TC penuh di Flamboyan dengan biaya dari patungan pengurus Ferkushi Sumut," ungkapnya.


Melihat grafik yang diperlihatkan atletnya, Cakra yakin Kurash Sumut bisa meraih 3 medali emas pada PON 2024. Target tersebut dinilai cukup realistis karena Kurash akan mempertandingkan 12 nomor pada PON nanti.


"Dari 12 medali emas yang akan diperebutkan di PON nanti, kita membidik tiga. Mudah-mudahan kita bisa meraih target tersebut," harapnya.


Atlet Kurash Sumut yang sedang dipersiapkan menuju PON 2024 adalah, Eduwaret Pratama Surbaki (-66 kg putra), Isaac Gol Asi Gultom (seni), Rudianto Nadapdap (-60 kg putra), Ahmad Andri Yanto (-55 kg putra).


Kemudian, Armana Barus (+81 kg putra), Inggil Panembah Tambunan (-73 kg putra), Hairani Evelin Ambarita (-52 kg putri), Chatrin Shelvia Tarigan (+70 kg putri, dan Meliana Krisriani Sitepu (-63 kg putri). Mereka ditangani dpelatih Safri Doli Tampubolon.


Pelatih Kurash Sumut Safri Doli Tampubolon menambahkan, atlet Pelatda PON Sumut saat melakoni latihan 12 sesi dalam seminggu. Mereka latihan di Dojo Indonesian Budokai, Villa Setia Budi Flamboyan. 


"Kita latihan mulai Senin hingga Sabtu setiap pagi dan sore. Kita berharap atlet Kurash Sumut bisa memenuhi target tiga medali emas pada PON 2024 mendatang," harap Safri Doli.


Safri Doli mengakui, atlet kurash Sumut menjalani TC penuh atas inisiatif dari pengurus Ferkushi Sumut. Untuk itu, dia berharap agar atlet kurash Sumut juga bisa melakukan try out sebelum tampil di PON 2024 nanti. (sh)