Notification

×

Iklan

Iklan

Minus 2 Kecamatan, Medan Amplas Juara Umum Cabor Karate Porkot 2024

Jumat, 21 Juni 2024 | 15:49 WIB Last Updated 2024-06-21T08:49:06Z

Ketua KONI Medan Eddy Sibarani berfoto bersama dengan para juara cabor karate Porkot Medan XIV 2024 yang berakhir di Gedung PPLP Sumut. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
- Kontingen Medan Amplas sukses merebut juara umum cabang olahraga (cabor) karate pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XIV 2024 yang berakhir di Gedung PPLP Sumut, Jumat (21/6/2024) siang.


Amplas menyabet juara umum dengan torehan 2 medali emas, dua perak, dan 2 perunggu mengungguli Medan Helvetia sebagai runner up dengan raihan dua emas dan 2 perak.


Sementara di peringkat ketiga direbut Medan Baru dengan dua medali emas dan 1 perak, disusul Medan Denai dengan 1 emas, 3 perak, dan empat perunggu serta di posisi kelima diraih Medan Marelan dengan 1 emas, 1 perak, dan satu perunggu.


Ketua KONI Medan Eddy H Sibarani yang hadir sekaligus menutup even ini mengaku bangga melihat perkembangan yang estafet di cabor karate. 


“Tidak salah karateka Kota Medan sampai saat ini mendominasi di Pelatda PON Sumut karena ternyata pelapisnya cukup banyak dan eksis terlihat dari kualitas yang ada di Porkot ini yang bisa diandalkan untuk regenerasi mendatang,” kata Eddy Sibarani di sela penutupan.


Disinggung jumlah kecamatan yang turut serta dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, menurut Eddy Sibarani hal itu tidak menurunkan kualitas atlet karate yang bertanding.


“Saya melihat dari segi kualitas tidak menurunlah, malah sui (cantik/bagus-red) lah, bahkan lapis dua dan tiga cabor karate Kota Medan tidak jauh kualitasnya,” puji Eddy Sibarani.


Sementara Ketua FORKI Medan Yudi Atmaja membantah ada penurunan kualitas di cabornya pada even Porkot tahun ini. Menurutnya banyak karateka Medan sudah naik kelas ke tingkat senior.


“Kelas yang kita pertandingkan hanya 1 kelas junior saja, ya kemungkinan dari kelas yang dipertandingkan ini mereka sudah tidak ada atau naik kelas. Tapi secara keseluruhan, even ini masih stabil dan bergengsi kok,” kata Yudi.


Diketahui pada even Porkot tahun sebelumnya dari 21 kecamatan di Kota Medan selalu turut serta dalam kejuaraan tahunan gawean KONI Medan tersebut. Namun tahun ini hanya 19 dari 21 kecamatan yang ambil bagian.


Ke-19 kecamatan itu masing-masing, Medan Baru, Marelan, Amplas, Selayang, Denai, Kota, Belawan, Area, Polonia, Deli, Johor, Maimun, Tuntungan, Labuhan, Timur, Helvetia, Petisah, Barat, dan Tembung. Minus dua kecamatan yakni, Sunggal dan Perjuangan.


Even Porkot Medan XIV 2024 cabor karate ini diketahui mempertandingkan 12 kelas yakni 6 putra dan 6 putri dengan diikuti sebanyak 87 karateka. (sh)