Notification

×

Iklan

Iklan

Modus Pencurian Uang dengan Ganjal ATM Pakai Tusuk Gigi Beredar di Medan-Deli Serdang

Sabtu, 29 Juni 2024 | 19:39 WIB Last Updated 2024-06-29T12:40:45Z

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Teddy Marbun memberikan penjelasan soal pembobol ATM modus ganjal tusuk gigi. (Foto:arn24.news)

ARN24.NEWS
- Petugas Sat Reskrim Polrestabes Medan menangkap seorang pelaku pembobol ATM modus ganjal tusuk gigi di Jalan Jermal 16, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. 


Pelaku yang diamankan yakni Efendi Syahputra alias Putra (30) warga Jalan Letda Sujono, Gang Bidan Kecamatan Medan Tembung. Pelaku beraksi bersama pasangannya seorang wanita berinisial N (DPO). 


"Sebelum melaksanakan aksinya mereka survei di beberapa titik mesin ATM yang ada di beberapa minimarket dan SPBU," ujar Kapolrestabes Medan Kombes Pol Teddy Marbun saat menggelar konferensi pers, Sabtu (29/6/2024) sore.


Teddy mengatakan setelah melakukan survei, pelaku lalu masuk ke dalam gerai ATM dan memasukkan tusuk gigi ke dalam lubang ATM. "Setelah mereka masuk ke dalam, mereka memasukkan tusuk gigi di dalam lobang kartu itu, lalu dipatahkan," katanya.


Selanjutnya, pelaku menunggu korbannya. Begitu korban terjaring, pelaku lalu datang dengan dalih berpura-pura membantu. "Dengan mencoba membantu, seolah-olah bisa, lalu dia langsung dengan cepat mengganti kartu ATM," lanjut Teddy.


Orang nomor satu di Polrestabes Medan ini menambahkan, korban yang terperdaya, lalu menuruti arahan pelaku dan memberikan nomor pin ATM. "Setelah menghafal pinnya, pelaku langsung pergi, tetapi kartu ATM palsu sudah ada di tangan korban," tambah Teddy. 


"Pelaku pergi dengan rekan wanitanya kemudian keluar mencari ATM terdekat untuk membuka kartu ATM curian dan tabungan korban ditransfer ke rekening milik pelaku," sambung Teddy. Korban yang menyadari uangnya telah dikuras habis lalu melaporkannya ke pihak berwajib. Menurut Teddy, pelaku telah beraksi 16 kali di wilayah Medan-Deli Serdang. 


Pelaku terakhir kali beraksi pada Minggu (23/6/2024), di Indomaret Denai dan menggasak uang jutaan rupiah dari korban. Polisi yang menerima laporan ini kemudian melakukan penyelidikan lebih lanjut dan menangkap pelaku. 


"Hasil pengembangan dari penyidik, pelaku merupakan residivis dengan kasus sama, teman wanitanya masih dalam pengejaran," pungkas Kapolrestabes. Dari tangan pelaku, polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti berupa 20 ATM berbagai jenis bank dan tusuk gigi. (rez)