Notification

×

Iklan

Iklan

Sesuai Arahan DPP, Gerindra-NasDem Sepakat Berkoalisi di Pilkada Medan

Minggu, 30 Juni 2024 | 19:16 WIB Last Updated 2024-06-30T12:16:39Z

Bacalon Wali Kota Medan dari NasDem Rico Waas saat memulangkan berkas pendaftaran ke Gerindra. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Partai Gerindra dan NasDem resmi sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Medan 2024. Hal itu ditegaskan Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Medan, Ihwan Ritonga.


Menurut Ihwan Ritonga, kesepakatan ini sesuai dengan arahan dan petunjuk Dewan Pimpinan Pusat (DPP) kedua partai.


"Harapan kita seperti itu berlayar bersama. Artinya, Gerindra-NasDem, NasDem-Gerindra. Hal itu sesuai petunjuk DPP untuk berkoalisi, khususnya di Pilkada Kota Medan," ucap Ihwan usai menerima berkas pendaftaran Rico Tri Putra Bayu Waas (Rico Waas) sebagai calon Wali Kota Medan dari Partai NasDem, di Kantor DPC Partai Gerindra Medan, Jalan Alfalah, Kecamatan Medan Johor, Sabtu (29/6/2024) sore.


"Tadi sudah secara resmi Rico Waas mendaftar dan terdaftar di DPC Gerindra sebagai calon Wali Kota Medan," tambahnya.


Meskipun begitu, lanjut Ihwan, pihaknya masih tetap terbuka terhadap partai politik (Parpol) lain yang ingin bergabung. Sebab, sampai hari ini DPC Gerindra belum ada menentukan siapa calon yang akan maju menjadi Wali Kota atau Wakil Wali Kota Medan.


"Memang ada beberapa nama. Tapi kita belum bisa menyampaikan karena harus izin orangnya dulu, begitu kira-kira. Pastinya, kita yakin sudah bisa dikatakan 60-70 persen kesepakatan antara NasDem dengan Gerindra untuk berkoalisi di Kota Medan," katanya.


Saat disinggung apakah dirinya berkemungkinan untuk maju di Pilkada, Ihwan mengaku masih menunggu instruksi dari DPP Partai Gerindra.


"Waduh...! Kita menunggu perintah pusat saja. Kita tinggal menunggu perintah pusat, nanti kita lihat waktunya. Seperti itu, ya..." ucapnya sembari melempar senyum.


Pada kesempatan yang sama, Rico Waas menyampaikan bahwa kehadirannya bersama rombongan ke DPC Partai Gerindra untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri supaya hubungan bisa semakin lebih dekat.


"Tujuannya agar komunikasi semakin terbuka sehingga dapat bekerja sama menuju Medan yang lebih baik dan terukur," ujarnya.


"Tadi saya sekaligus mendaftarkan diri sebagai Bacalon Wali Kota Medan ke DPC Gerinda. Dan saya telah menyerahkan formulir pendaftarannya langsung ke Ketua DPC Gerindra, H. Ihwan Ritonga," pungkas keponakan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh itu. (mbc/sh