Notification

×

Iklan

Iklan

Bambang Usmanto (Eks Pemain PSMS Medan): Prancis Lebih Klop Bikin Portugal Keok

Jumat, 05 Juli 2024 | 12:11 WIB Last Updated 2024-07-05T05:11:12Z
Mantan Pemain PSMS Medan, Bambang Usmanto.  

ARN24.NEWS --
Tim Perancis akan memainkan partai knockoutnya di babak 8 besar melawan tim Portugal di Volkspark Stadium, Sabtu (6/7/2024) pukul 02.00 WIB. Prancis lolos ke babak 8 besar setelah mengalahkan Belgia 1-0, sedangkan Portugal mengalah Slovenia melalui drama adu pinalti 3-0, setelah di waktu normal dan perpanjangan waktu bermain imbang 0-0.

"Pertemuan Perancis dan Portugal kali ini mengingatkan kita pada saat pertemuan mereka di Final piala Eropa thn 2016 di Perancis. Ketika itu Portugal sukses mempermalukan tim Perancis didepan publiknya sendiri dengan score 1-0," ulas mantan pemain PSMS Medan, Bambang Usmanto memprediksi laga antara Portugal versus Prancis di babak perempat final Piala Eropa 2024, Jumat (5/7/2024). 

Gol Portugal waktu itu diciptakan oleh Eder setelah melalui perpanjangan waktu dan Portugal tampil sebagai juara. Kali ini kedua bertemu kembali di babak 8 besar piala Euro 2024.

Prancis dengan bintang Utamanya Kylian Mbappe akan ditantang oleh Portugal yg masih diperkuat oleh bintangnya yg sdh mulai redup Christiano Ronaldo.

"Kalau saya lihat komposisi pemain yg ada di tim Perancis saat ini masih lebih baik dari tim Portugal," ujarnya.

Tim Prancis merata di setiap lini dan masih diperkuat oleh beberapa pemain yang memperkuat Prancis di Piala Dunia thn. 2022 di Qatar. Di bawah mistar sekarang diisi oleh Maignan asal klub AC Milan sbg penerus seniornya Hugo Lloris.

Di barisan bawah ada Konde, Opamecano, Saliba & T Hernandez. Di tengah diisi oleh Tchouameni, Kante, Rabiot & Griezmann. Di posis depan akan ditempati oleh M. Thuram ( putra mantan pemain Perancis Lilian Thuram), Kolo Muani/Dembele dan Kylian Mbappe yang merupakan top score piala dunia thn. 2022 di Qatar dng raihan 8 gol.

Sedangkan Portugal kemungkinan susunan pemainnya akan diisi oleh Diogo Costa sbg penjaga gawang, kemudian di barisan bawah ada J Cancelo, Pepe pemain senior yang sudah berusia 41 tahun, Ruben Diaz dan Nuno Mendez.

Di barisan tengah akan ditempati oleh Vithina, J Valhinha serta Bruno Fernandez. Di barisan depan kemungkinan Portugal akan memainkan Christiano Ronaldo, Bernardo Silva dan Rafael Leao.

Dari 7 kali pertemuan terakhir mereka Prancis menang 5 kalu, draw 1 kali dan kalah sekali dari tim Portugal. Perancis pernah menjuarai Piala Eropa pada tahun 1984 di Prancis dan tahun 2000 di tuan rumah bersama Belanda dan Belgia.

Prancis juga pernah menjadi juara dunia pd tahun 1998 di Perancis setelah mengalahkan Brazil di Final 3-0 dan thn. 2018 di Rusia setelah mengalahkan tim Kroasia dng score 4-2. Sedangkan tim Portugal baru sekali menjuarai Piala Eropa pada thn 2016 dan belum pernah tampil sebagai juara piala dunia.

"Kalau saya lihat kekuatan tim Perancis saat ini masih cukup diperhitungkan oleh lawan2 yang akan menghadapinya," tambah Bambang Usmanto lagi.

Dari semua lini sepertinya Portugal masih sulit untuk bertarung dengan tim Prancis terutama di sektor tengah yang ditempati oleh Tchouameni sang ahli dalam tembakan jarak jauh. 

Kemudian ada Kante yang rajin bergerak mensupport penyerangan maupun membantu pertahanan, Griezmann ahli dalam mensuplai bola ke depan dan merupakan rohnya tim Prancis ditambah Rabiot sebagai penyeimbang di lapangan tengah.

Di depan tentunya Kylian Mbappe masih menjadi momok buat lawan2nya dengan dukungan M Thuram, Kolo Muani dan Dembele jika diturunkan.

Pertahanan Portugal yang dikawal oleh Pepe dan kawan-kawan akan sulit membendung kecepatan-kecepatan mereka.

Di kubu Portugal kemungkinan Cristiano Ronaldo akan sulit menembus barikade tim Perancis yang digalang oleh Saliba, T Hernandez dan rekan. Ronaldo yang sudah berusia 39 tahun sepertinya minim hilang sentuhannya, bahkan pada saat ketemu Slovenia di babak 16 besar gagal mengeksekusi pinalti di waktu normal pertandingan.

Penyerang Portugal lainnya juga akan sulit menembus barisan pertahanan Perancis yang lumayan kokoh. Begitu pun Prancis tidak  boleh memandang enteng kekuatan tim Portugal karena di sepak bola ini semuanya bisa terjadi, apalagi sdh memasuki babak knockout.

"Berdasarkan data dan penjelasan tersebut diatas saya masih mengunggulkan tim Perancis asuhan pelatih Didier Deschamps untuk memenangkan pertandingan Sabtu dinihari nanti melawan tim Portugal asuhan pelatih Roberto Martinez," pungkas pria jangkung ini. (saze)