Notification

×

Iklan

Iklan

Catatan Redaksi: Piala Eropa 2024 Kans Juara Bertabur Rupiah

Senin, 08 Juli 2024 | 13:24 WIB Last Updated 2024-07-08T06:24:45Z
ESP Parinduri (Jurnalis) 

ARN24.NEWS --
Fase kejuaraan Piala Eropa 2024 telah memasuki babak semifinal. Empat tim bertarung untuk memperebutkan hadiah utama tropi plus uang Rp 176,1 miliar. Belum lagi bonus diperoleh hingga ke puncak juara. Ditaksir tim yang meraih hasil terbaik pada Piala Eropa 2024 
dengan total keseluruhan Rp 598,7 miliar lebih. Cukup menggiurkan dan bikin ngiler, bukan? 

Bicara fase semifinal, ada empat tim yang berpotensi merengkuh 'raja' benua biru si kulit bundar. Yakni Spanyol, Prancis, Inggris dan Belanda. Pertarungan keempat tim dimulai pada Rabu (10/7/2024) sekira pukul 02.00 WIB. Babak semifinal pertama dilakoni Spanyol versus Prancis. 

Sedangkan sehari kemudian, Kamis (11/7/2024) pukul 02.00 WIB, adalah Inggris kontra Belanda. Menilik dari prestasi keempat tim, cuma Spanyol dan Belanda yang punya performa makin meningkat sejak laga dimulai. 

Walau Belanda awalnya terseok-seok di 16 besar, namun anak asuh Ronald Koeman makin hari kian ciamik. Sedangkan Timnas Matador (julukan Spanyol-red) tetap stabil, pun menghentikan langkah sang tuan rumah, Jerman di babak perempat final. 

Bagaimana dengan Prancis dan Inggris? Sejauh ini belum memperlihatkan permainan yang cemerlang. Terbukti, Prancis harus melewati adu penalti saat melawan Portugal. Meski akhirnya Prancis unggul dengan skor 3-5. Begitu juga halnya The Three Lion melumpuhkan Swiss lewat tos-tosan hasil akhir juga 3-5 melaju ke semifinal. 

Memang, dilihat dari jejak keempat tim, tak salah jika di partai final nanti Spanyol akan berhadapan dengan Tim The Oranje. Hanya saja, itu sekadar oretan di atas kertas semata, dan toh semuanya belum terjadi. Keunggulan Spanyol, mereka punya Yamal, bintang muda berusia 16 tahun. 

Di Belanda ada Cody Gakpo yang kini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di sesi ini torehan 3 gol. Untuk Prancis, harapan kepada Kylian Mbappe masih pupus karena kerap bermain pasang surut. Sementara Inggris, Harry Kane yang menjadi mentor di timnya, tetap masih melempem. 

Nah, dari keempat tim menuju final 2024 ini, sepertinya Inggris yang sangat termotivasi untuk merengkuh juara. Sebab, sejak kejuaraan piala empat tahunan itu bergulir dari tahun 1960, tim Inggris belum pernah membawa piala supremasi kancah eropa tersebut ke pangkuan Ratu Elisabeth. 

Tak salah jika pelatih Inggris Gareth Southgate, kembali berharap keberuntungan saat melawan Belanda di semifinal nanti. Beda dengan Spanyol yang sudah tiga kali meraih juara. Yakni 1964, 2008 dan 2012. Kini Spanyol berambisi untuk menjangkarkan sauhnya supaya memecahkan rekor piala Eropa sebanyak 4 kali di tahun 2024 ini. 

Lain halnya Timnas Prancis dan Belanda, yang juga berharap bisa menjadi juara. Walau kedua tim ini baru meraih juara sekali, sepertinya pada 2024 ini Prancis dan Belanda juga bercita-cita bisa membawa tropi terbaik itu ke negaranya. 

Piala Eropa atau yang lebih dikenal sebagai Euro 2024, juga merupakan pertarungan gengsi setelah piala Dunia dan Liga Champions antar klub. Pada Piala Eropa 2024, UEFA telah mengumumkan bahwa total hadiah yang akan diperebutkan mencapai €371 juta atau senilai Rp 6,5 triliun, meningkat  signifikan dari edisi sebelumnya.

Jumlah ini akan dibagikan kepada 24 tim yang berpartisipasi berdasarkan kinerja mereka selama turnamen. Setiap tim yang berhasil lolos ke putaran final akan menerima hadiah partisipasi sebesar €9,25 juta. Namun, ini baru permulaan dari potensi hadiah yang bisa mereka bawa pulang.

Selain hadiah partisipasi, setiap kemenangan di babak grup akan memberikan tambahan €1,5 juta, sementara hasil imbang akan menghasilkan €750.000. Dengan demikian, tim yang tampil cemerlang di babak grup bisa mendapatkan tambahan dana yang cukup besar sebelum melangkah ke fase gugur.

Di babak 16 besar, tim yang berhasil lolos akan menerima tambahan €2 juta. Hadiah ini akan terus meningkat seiring dengan pencapaian tim di fase-fase berikutnya. Tim yang berhasil mencapai perempat final akan mendapatkan €3,25 juta, sedangkan semifinalis akan membawa pulang €5 juta.

Puncak dari hadiah ini adalah bagi tim yang berhasil masuk ke final. Runner-up akan menerima €7 juta, sedangkan juara Euro 2024 akan mendapatkan hadiah utama sebesar €10 juta atau senilai Rp 176,1 miliar. 

Dengan demikian, total hadiah yang bisa didapatkan oleh tim juara, jika mereka memenangkan semua pertandingan dari babak grup hingga final, bisa mencapai lebih dari €34 juta atau Rp 598 miliar lebih. Patut dinanti siapa sang jawara di kasta tertinggi benua biru. (***)