Notification

×

Iklan

Iklan

Euro 2024, Turnamen Terburuk Ronaldo Bersama Portugal

Sabtu, 06 Juli 2024 | 23:26 WIB Last Updated 2024-07-06T16:26:25Z

Cristiano Ronaldo tak bisa mencetak gol di Euro 2024. (Foto: REUTERS)

ARN24.NEWS
– Euro 2024 jadi turnamen terburuk Cristiano Ronaldo bersama Portugal bila dilihat dari sudut pandang gol yang ia cetak.


Ronaldo sudah jadi bagian dari timnas Portugal sejak Euro 2004 ketika ia berusia 19 tahun. Sejak saat itu, Ronaldo total sudah membela Portugal pada enam Piala Eropa dan lima Piala Dunia.


Dari total 11 turnamen besar tersebut, baru di Euro 2024 Ronaldo tidak bisa mencetak satu gol pun. Di 10 turnamen besar sebelumnya, Ronaldo selalu garang dalam urusan mencetak gol ke gawang lawan, terlebih di fase grup.


Ronaldo sendiri datang ke Euro 2024 dengan modal yang bagus. CR7 tampil impresif bersama Al Nassr di Saudi Pro League dan jadi pencetak gol terbanyak di liga tersebut.


Sayangnya modal bagus tersebut tidak bisa dilanjutkan CR7 saat turnamen berjalan. Ronaldo selalu mendapat kepercayaan dari Roberto Martinez, bahkan tetap diturunkan dalam laga lawan Georgia saat Portugal melakukan rotasi besar-besaran/


Ronaldo juga mendapatkan dukungan penuh dari rekan-rekan setimnya. Alur serangan Portugal seringkali bermuara pada Ronaldo sebagai tujuan distribusi bola.


Ronaldo juga punya sejumlah peluang untuk mencetak gol. Namun sayangnya, peluang demi peluang tersebut menguap begitu saja. Bahkan Ronaldo tak mampu mencetak gol melalui eksekusi penalti saat Portugal menghadapi Slovenia di babak 16 besar.


Sedangkan bila merujuk hasil, Euro 2024 bukanlah turnamen terburuk Ronaldo bersama Portugal. Label turnamen terburuk Ronaldo bersama Portugal ada di Piala Dunia 2014 saat mereka terhenti di fase grup. Ronaldo juga sempat mengantar Portugal juara Piala Eropa pada edisi 2016. 


Ronaldo saat ini sudah berusia 39 tahun dan makin mendekati pengujung kariernya. CR7 belum mengumumkan pensiun dari timnas Portugal sehingga belum diketahui pasti kemungkinan dia bakal ikut tampil di Piala Dunia 2026 atau tidak. (cnn/sh)