Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungi Desa Wisata Terbaik, Sandiaga Uno Bantu Kloset Buat Nek Ngatemi di Sergai

Jumat, 24 Juni 2022 | 18:53 WIB Last Updated 2022-06-24T11:53:00Z

Nek Ngatemi terharu hingga memeluk Menparekraf Sandiaga Uno yang datang mengunjungi rumahnya. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Usai mendatangi Desa Wisata Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Buluh Berduri, Sipispis, Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut). Di sana, Sandiaga bertemu dengan Nenek Ngatemi (69).


Awalnya, Sandiaga Uno mencoba wahana arung jeram yang ada di Desa Wisata Buluh Berduri. Lalu setelah berganti pakaian, Sandiaga Uno melihat Nek Ngatemi. Seusai berkeliling Desa Wisata Buluh Berduri, Sandiaga mendatangi rumah Nek Ngatemi. Sandiaga pun memberikan bantuan modal usaha hingga kloset.


"Nanti sudah lengkap dengan semua peralatannya, jadi tinggal dipasang. Ini wc duduk. Ibu kan usianya juga sudah lanjut. Sekaligus juga saya serahkan bantuan untuk usahanya," ujar Sandiaga Uno di desa terpilih tersebut, Kamis (23/6/2022).


Nek Ngatemi pun tampak menangis. Sebagai informasi, Nek Ngatemi merupakan seorang janda dan tinggal sendirian. Penghasilannya berasal dari para warga sekitar yang meminta bantuannya seperti mencuci piring, mencuci baju, hingga membersihkan rumah. 


"Jangan menangis Ibu, yang penting bersyukur, doain kita, mudah-mudahan sekarang gak usah lagi susah-susah malam-malam ke sungai," ucap Sandiaga Uno.


Adapun kedatangan Sandiaga Uno terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Sebab, Desa Wisata Buluh Berduri terpilih sebagai 50 besar desa/kampung wisata terbaik.


Desa ini menawarkan wisata arung jeram di aliran sungai Bah Bolon. Ada pula air terjun Bahgua setinggi 25 meter hingga Batu Boru Manjile yang memiliki cerita sejarah kerajaan Bajalingge.


Pengunjung juga bisa mencicipi beragam kuliner seperti mie glongsor, ikan cencen, hingga ombus-ombus. Lalu, aneka fesyen seperti ikat kepala laki-laki yakni gotong, hiasan kepala perempuan bernama bulang, dan kain tenun ulos. (sh)