Notification

×

Iklan

Iklan

4 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal, Simak Selengkapnya

Minggu, 04 September 2022 | 15:14 WIB Last Updated 2022-09-04T08:14:21Z

Ilustrasi ginjal. (Foto: webmd.com)

ARN24.NEWS
-- Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh untuk menyaring limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dalam darah untuk dikeluarkan melalui urine. Karena fungsi tersebut, tidak ada lagi alasan untuk malas menjaga kesehatan ginjal.


Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pastikan makanan-makanan yang dicerna tubuh merupakan makanan yang baik untuk kesehatan dan mendukung ginjal berfungsi. 


Dilansir dari tempo.co, berikut makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal:


1. Anggur merah

Anggur merah adalah salah satu makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan ginjal. Melansir Healthline, anggur merah mengandung nutrisi yang dibutuhkan ginjall, seperti vitamin C dan antioksidan yang disebut flavonoid. 


Kandungan ini terbukti mengurangi peradangan. Selain itu, anggur merah mengandung resveratrol yang tinggi, sejenis flavonoid yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung, menurunkan risiko terkena diabetes. diabetes, dan penurunan kognitif.


2. Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayuran yang dapat memelihara kesehatan ginjal. Kandungan nutrisi dalam kembang kol, seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin B folat serta senyawa anti-serat dapat menjaga kesehatan ginjal. Satu cangkir (124 gram) kembang kol matang mengandung 19 mg natrium, 176 mg kalium, dan 40 mg fosfor.


3. Ikan

Jenis-jenis ikan seperti salmon dan tuna merupakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal. Dilansir dari Medical News Today, ikan mengandung tinggi asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi kadar lemak dalam darah dan juga sedikit menurunkan tekanan darah. 


Karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal, konsumsi ikan berlemak dapat dijadikan alternatif untuk menjaga ginjal dari penyakit.


4. Paprika merah

Paprika merah adalah sumber yang baik dari beberapa vitamin, antioksidan, dan serat. Dikutip dari health.clevelandclinic.org, paprika mengandung rendah kalium, fosfor, dan natrium sehingga paprika merah dapat dikonsumsi setiap hari.


Untuk menyajikan paprika merah yang lezat, campurkan paprika merah dengan hidangan lain, seperti daging berbumbu atau pasta. (tmp/rfn)