Notification

×

Iklan

Iklan

Tarung Dewan: Puan Punya 'Kolonel', Ginanjar Didukung 'Kopral'

Kamis, 22 September 2022 | 15:00 WIB Last Updated 2022-09-22T08:00:26Z

ARN24.NEWS --
Saat ini PDIP memiliki dua nama sebagai kandidat yang akan diusung sebagai calon presiden yakni Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Pendukung dari kedua kandidat itu membentuk 'Dewan Kolonel' dan 'Dewan Kopral', siapa yang lebih kuat?

'Dewan Kolonel' sendiri dibentuk oleh sejumlah anggota DPR RI Fraksi PDIP. Sedangkan 'Dewan Kopral' dibentuk oleh pendukung Ganjar Pranowo.

Pengumuman pembentukan 'Dewan Kolonel' disampaikan oleh anggota DPR RI Johan Budi. Eks jubir KPK itu mengaku pembentukan 'Dewan Kolonel' itu kemudian dilaporkan oleh Ketua F-PDIP, Utut Adianto, ke Puan dan disetujui.

"Iya sepakat (enam orang). Saya yang ngusulin. Kita bentuk 'Dewan Kolonel', berkembang," ujar Johan Budi dilansir detikNews, Kamis (22/9/2022).

Johan mengklaim usulan itu kemudian disetujui oleh Puan Maharani. "Dilaporkan ke Mbak Puan. Mbak Puan setuju," sambungnya.

Kata dia Utut-lah yang menghadap Puan untuk melaporkan soal inisiasi tim 'Dewan Kolonel' ini. "Bukan soal senang apa nggak, tapi kita laporkan, 'Mbak, ini kita ini, Mbak Puan setuju?' gitu, lho. Yang ngomong setuju, nggak setuju, itu Mas Utut yang menghadap, saya nggak," tuturnya.

Senentara itu Ketua DPR RI Puan Maharani tidak mempersoalkan pendukungnya berinisiatif membentuk 'Dewan Kolonel'.

"Inisiatif ini sah-sah saja selama dibangun dengan didasari semangat gotong royong," katanya usai mengunjungi Ponpes Mahasina Darul Qur'an wal Hadits di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, kemarin. 
Ia mengklaim munculnya 'Dewan Kolonel' sejalan dengan tugas kepartaian sesuai arahan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait persiapan menghadapi Pemilu 2024.

"Instruksi dari Bu Ketum adalah semua kader, simpatisan, struktural partai harus mempersiapkan diri untuk menyongsong tahun 2024. Turun ke lapangan, turun ke bawah untuk bertemu dengan rakyat," ujarnya.

Sedangkan Ketua Relawan Ganjar Pranowo (GP Mania) Immanuel Ebenezer mengatakan pembentukan 'Dewan Kopral' untuk mendukung pencalonan Ganjar pada Pilpres 2024.

"Kita mau bentuk 'Dewan Kopral'. Kalau Mbak Puan bikin 'Dewan Kolonel' buat pencitraannya kita bentuk 'Dewan Kopral'," ujar Ketua Relawan Ganjar Prabowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer dilansir detikNews, Kamis (22/9/2022).

Ia memastikan bahwa 'Dewan Kopral' itu akan ada di sejumlah daerah. Noel menyebut pembentukan 'Dewan Kopral' sebagai bentuk dukungan ke Gubernur Jawa Tengah itu maju sebagai capres.

"Untuk kemenangan Mas Ganjar untuk presiden. Kita akan membentuk di beberapa wilayah yang secara suara itu banyak, rakyat Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat yang bisa men-support suara Mas Ganjar dan pemenangan Mas Ganjar di 2024. Makanya kita berinisiatif bikin 'Dewan Kopral' ini," ucapnya.

Nantinya anggota 'Dewan Kopral' itu, menurut dia akan diisi oleh petani hingga mahasiswa. Noel yang akan memimpin 'Dewan Kopral'

"Kalau 'Dewan Kolonel' itu para elite, kalau 'Dewan Kopral' pasti isinya itu ya para prajurit-prajurit lah. Saya, para petani, guru, mahasiswa, banyak intelektual-intelektual lain juga, mereka jadi 'Dewan Kopral' aja lah. Yang mimpin saya," imbuhnya. (dtc/nt)