Notification

×

Iklan

Iklan

5 Program Prioritas PKB, Satu Diantaranya Perjuangkan Listrik Gratis Bagi Rakyat Miskin

Minggu, 30 Oktober 2022 | 21:49 WIB Last Updated 2022-10-30T14:55:42Z

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam acara PKB Road to Election di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu, 30 Oktober 2022. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan 5 poin keputusan rapat koordinasi dan konsultasi internal partai dalam rangkaian pertemuan tiga hari terakhir. Salah satu diantaranya yakni PKB berjanji akan memperjuangkan listrik gratis untuk rakyat miskin.

"Sudah dihitung anggarannya Rp17,7 triliun per tahun," kata Cak Imin dalam rangkaian acara terakhir pada hari ini yang bertajuk PKB Road to Election di Tennis Indoor Senayan, di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu, 30 Oktober 2022.


Dikatakan Cak Imin, ada 32 juta warga negara yang menjadi pelanggan listrik 450 Watt. "Ini yang sudah dihitung dapat subsidi gratis 100 persen," kata Cak Imin.


Kedua, PKB bertekad agar persoalan pupuk diatasi secepat mungkin. Pupuk harus tersedia di depan mata petani secepatnya dan petani dengan lahan 0,5 hektar harus dapat subsidi pupuk 100 persen dari negara. "PKB harus bisa dan insyaallah bisa," ujarnya.


Ketiga, kata dia, PKB bertekad menurunkan harga BBM khusus untuk sepeda motor dan angkutan umum. PKB, kata Cak Imin, sudah menghitung anggaran yang dibutuhkan selama satu tahun mencapai Rp 267 triliun. "Ada duitnya, enggak masalah," ujarnya.


Keempat, PKB akan memperjuangkan bantuan modal tanpa agunan untuk pengusaha muda. Ia menyebut bonus demografi dari kaum muda akan mencapai puncak pada 2030. Sedangkan periode 2030-2038 sudah memasuki usia tua.


Sehingga, kata Cak Imin, Indonesia hanya punya waktu 7 tahun saja untuk meningkatkan secara total energi kaum muda. Itulah sebabnya PKB akan memperjuangkan bantuan modal tanpa agunan tersebut. "Usia muda itu yang jadi agunan," ujarnya.


Kelima, PKB akan berjuang untuk menaikkan dana pensiun purnawirawan TNI, Polri, dan pejuang lainnya yang jadi pelayan bangsa. Cak Imin menyebut lima poin tersebut adalah perjuangan paling pendek untuk 2024 yang harus dimulai PKB dari 2023. "Itu keputusan konsolidasi PKB beberapa hari ini," kata Cak Imin.


Lima poin keputusan konsolidasi ini disampaikan Cak Imin di hadapan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang ikut hadir dalam acara ini. Sejak Agustus, PKB dan Gerindra sudah meneken kerja sama politik untuk menghadapi Pemilu 2024. 


"Kalau kita mau ini harus diperjuangkan dalam koalisi yang akan datang," kata Cak Imin kepada Prabowo.


Mendengar hal tersebut, Prabowo menyinggung singkat saja soal program dan visi yang diusung PKB tersebut. "Terus terang saja banyak kesamaan dalam pemikiran kita," ujar Prabowo. (tmp/ans)