Notification

×

Iklan

Iklan

3 Nomor Dikuasai Simalungun, Batubara dan Sergai Petanque Porprovsu 2022

Selasa, 01 November 2022 | 18:12 WIB Last Updated 2022-11-01T11:12:08Z

Salah satu pertandingan Petanque di ajang Porprovsu 2022. (Foto: Istimewa)


ARN24.NEWS – Kabupaten Simalungun, Batu Bara dan Serdang Bedagai (Sergai) tampil sebagai juara dari 3 nomor cabang olahraga (cabor) Petanque pada Porprovsu 2022 di Lapangan Petanque Kampus STOK Bina Guna, Selasa (1/11/2022). Tiga nomor tersebut, single woman, triple man dan shooting man.


Simalungun berhasil memenangkan nomor single woman melalui Rohana Seprida Purba yang berhasil sabet emas usai kalahkan Cinthami Rahmadhani (Binjai) dan harus puas dengan medali perak. Medali perunggu nomor ini disematkan kepada Rinalia (Taput) dan Elin Lea (Karo).


Sedangkan Batubara raih emas dari nomor shooting man usai atletnya Erry Havosan kalahkan wakil dari Medan, Taufan Arif Wahidin dan harus puas atas medali perak. Sedangkan medali perunggu disematkan kepada Rasya Altop Sembiring (Binjai) dan Arif Rahman (Asahan).


Sergai melalui duet trio Faiq, Chairul dan Rudi tampil raih medali emas nomor triple man usai mengalahkan Langkat (Arif, Bayu dan Andriadi) yang harus puas medali perak. Sedangkan medali perunggu atas Medan (Caladius, Daniel, Maruli) dan Asahan (Wisnu, Jaya, Hariansyah).


Ketua Umum Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sumut, dr Liliana Puspa Sari mengatakan, olahraga asal Prancis ini diikuti 12 kontigen dengan jumlah 101 atlet.


Yakni, Asahan, Batubara, Binjai, Deli Serdang, Karo, Langkat, Medan. Kemudian, Pakpak Bharat, Sergai, Simalungun, Tanjung Balai dan Tapanuli Utara.


"Sedangkan nomor yang dipertandingkan 11 nomor. Yaitu, triple man, triple woman, single man, single woman, double man. Lalu, double woman dan double mix, triple mix (2 putri-1 putra dan 2 putra-1 putri), shooting man dan shooting woman," katanya didampingi Technical Delegate Dr Ibrahim Sembiring, MOr.


Wanita yang akrab disapa Lili itu menyebutkan, jika para peraih medali di Porprovsu 2022 ini diproyeksikan tampil pada PON 2024 Sumut-Aceh.


"Porprovsu ini sebagai salah satu tahap seleksi untuk persiapan Pelatda jangka panjang PON 2024. Dan, para peraih medali diproyeksikan untuk PON 2024 mendatang," jelasnya.


Pertandingan masih akan berlanjut pada sore ini dengan nomor triple woman, single man, double man, double woman. Lalu, double mix, triple mix (2 putri-1 putra dan 2 putra-1 putri) dan shooting woman. (sh)