Notification

×

Iklan

Iklan

Begini Cara Membuat Status WhatsApp Offline Padahal Sedang Online

Minggu, 13 November 2022 | 21:31 WIB Last Updated 2022-11-13T14:31:28Z

Ilustrasi. WhatsApp memiliki fitur sembunyikan status online. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

ARN24.NEWS
– WhatsApp (WA) memberi kesempatan pengguna untuk mengatur status online-nya agar terlihat offline. Bagaimana caranya?


Sebelumnya, WA selalu menampilkan online yang terlihat oleh kontak lain begitu kita membuka aplikasi saat terhubung internet.


Fitur sembunyikan status online ini merupakan salah satu pembaruan privasi yang digadang-gadang pihak Meta pada Agustus. 


Salah satu alasan WhatsApp meluncurkan fitur-fitur tersebut dikarenakan studi internal mereka. Bahwa, 72 persen pengguna ingin berbicara jujur tanpa filter di ruang digital ini, sementara 47 persen pengguna merasa nyaman melakukan hal tersebut di tempat yang aman dan pribadi.


"Di WhatsApp, kami fokus membangun fitur-fitur produk yang memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih banyak kontrol dan privasi atas pesan mereka," kata Ami Vora, Head of Product di WhatsApp.


"Dalam beberapa tahun ini kami telah menambahkan lapisan perlindungan yang saling terkait untuk membantu menjaga percakapan pengguna tetap aman. Fitur-fitur baru ini adalah salah satu cara kami terus memenuhi komitmen untuk menjaga privasi pesan," imbuh dia.


Menyembunyikan status online WhatsApp ini tidak perlu aplikasi tambahan atau pun aplikasi pihak ketiga yang membahayakan seperti WhatsApp GB. Selain itu, pengguna bebas memilih sendiri siapa saja daftar kontak yang bisa melihat status online-nya.


Pada bagian pengaturan privasi (Privacy), WhatsApp sebelumnya cuma punya opsi 'Kontak saya kecuali' (My Contact Except) di kolom Last Seen. Opsi tersebut memberikan kontrol kepada pengguna untuk memilih daftar pengguna WA lain yang bisa melihat status online mereka.


Fitur privasi terbarunya membuat menu 'Last Seen' berganti nama menjadi 'Last Seen and Online'. Pengguna pun bisa mengontor status online mereka dengan lebih lengkap.


Untuk lebih lengkapnya, simak cara menghilangkan status online di WhatsApp agar Anda tampak offline saat memakai aplikasi:


1. Buka aplikasi WhatsApp di Hp Android atau pun iOS.


2. Klik lainnya ikon titik tiga di bagian kanan atas untuk Android.


3. Pilih Settings (Setelan) untuk Android atau iOS.


3. Klik Account (Akun).


4. Pilih Privacy (Privasi).


5. Pilih menu Last Seen (Terakhir Dilihat) and Online.


6. Pada menu Who Can See My Last Seen, pilih sesuai kebutuhan:

a. Centang Nobody agar tidak seorangpun bisa melihat status last seen dan online.


b. Centang My Contacts agar cuma orang-orang yang ada di daftar kontak Anda yang bisa lihat.


c. Centang My Contacts Excepts untuk membuat orang-orang tertentu yang ada di daftar kontak Anda tak bisa melihat Last Seen dan status online.  


7. Pada menu Who Can See When I'm Online, centang Same as Last Seen. 


Dengan memilih opsi ini, status online akun Anda berarti disesuaikan dengan Last Seen; tidak bisa dilihat oleh siapa pun, bisa dilihat oleh kontak saja, atau tak bisa dilihat oleh orang tertentu.


Jika Anda tidak menemukan menu Last Seen and Online, silakan perbarui aplikasi WhatsApp Anda. (tim/arh)