Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Belgia VS Kanada: Marwah Peringkat 2 Dunia (LIVE SCTV KAMIS DINI HARI PUKUL 02.00 WIB)

Rabu, 23 November 2022 | 15:11 WIB Last Updated 2022-11-23T08:11:01Z

ARN24.NEWS --
Timnas Belgia menghadapi Timnas Kanada di Ahmad bin Ali Stadium pada matchday 1 Grup F Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) pukul 02.00 WIB.Di atas kertas, Belgia jauh lebih difavoritkan. Dengan pemain-pemain bintang seperti Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, dan Eden Hazard, kekuatan mereka berada di atas Kanada.

Belgia memang tampil kurang meyakinkan dalam beberapa laga terakhir, tepatnya di ajang UEFA Nations League. Namun, itu sepertinya karena mereka memang kurang menyikapi turnamen tersebut dengan sepenuh hati.

Di turnamen akbar seperti Piala Dunia, Belgia tentunya siap untuk langsung tancap gas sejak laga pertama. Lain pihak, Kanada masih diselimuti tanda tanya seputar pemain terbaiknya. Pemain yang dimaksud adalah sayap Bayern Munchen, Alphonso Davies, yang belum sekali pun tampil akibat cedera sejak awal November 2022.

Untuk diketahui, kini Belgia menyandang status sebagai tim peringkat kedua dunia. Sementara itu, Kanada hanya berada di posisi ke-41 dunia berdasarkan ranking FIFA terbaru. Bicara rekor pertemuan, kedua negara terakhir bersua 33 tahun lalu. Saat itu, Belgia berhasil menang dengan skor 2-0 atas Kanada. Namun, kini kekuatan Kanada dan Belgia sudah berombak total. Pasalnya, rekor pertemuan itu tidak bisa menjadi patokan utama.

Kanada bukan tanpa peluang. Meski sempat absen selama 36 tahun dari Piala Dunia, tim berjuluk Les Rouges kini dihuni skuad emasnya. Belgia harus memenangkan pertandingan ini demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar. Mengingat pesaing mereka di Grup F terbilang berimbang dan sama kuatnya.

Setelah laga menghadapi Kanada, Belgia sudah ditunggu Maroko dan Kroasia. Secara kualitas, hanya Kroasia yang diprediksi akan menjadi lawan seimbang bagi Belgia. Namun mereka tak akan mudah saat bertemu Kanada dan Maroko.

Ketiga calon lawannya tersebut merupakan unggulan di benua masing-masing. Tentu Belgia harus mewaspadai faktor 'X' tersebut. Beberapa nama yang diprediksi akan menjadi pemain kunci The Red Devils adalah, Thibaut Courtois (Real Madrid), Timothy Castagne (Leicester City), Kevin De Bruyne (Manchester City), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Eden Hazard (Real Madrid), dan Romelu Lukaku (Inter Milan).

Catatan ARN24.NEWS
 
Kanada menjadi salah satu kekuatan baru di Zona Concacaf. Setelah dominasi Meksiko, Amerika Serikat, dan Kosta Rika, kini Kanada dengan generasi emasnya mampu mematahkan dominasi tersebut.
Terbukti, Alphonso Davies dkk berhasil memuncaki klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf mengungguli Meksiko, AS, dan Kosta Rika. 

Andil dari sang pelatih John Herdman dan pemain yang bersinar di Eropa menjadi faktor kesuksesan Les Rouges sejauh ini. Meski berstatus tim underdog di Piala Dunia, Kanada tetap diprediksi akan menebar ancaman terutama bagi kontestan lain di Grup F. Ditambah, beberapa nama yang menghuni skuad Kanada merupakan pemain yang tengah menjadi sorotan.
 
Beberapa pemain yang diprediksi akan menjadi kunci dari Timnas Kanada adalah Atiba Hutchinson (Besiktas), Stephen Eustaquio (FC Porto), Junior Hoilett (Reading FC), Cyle Larin (Club Brugge), Alphonso Davies (Bayern Munchen), dan Jonathan David (Lille).

Belgia dan Kanada baru pernah bertemu 1 kali, yaitu dalam laga friendly tahun 1989, yang dimenangi Belgia 2-0. Belgia cuma menang 5 kali dalam 13 laga terakhirnya. Belgia selalu kalah dengan margin 1 gol dalam 2 laga terakhirnya.

Belgia cuma mencatatkan 2 clean sheet dalam 13 laga terakhirnya. Belgia selalu mencetak minimal 2 gol dalam 5 dari 7 laga terakhirnya di Piala Dunia. Kanada selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 dari 6 laga terakhirnya. Kananda cuma menang 4 kali dalam 9 laga terakhirnya. 

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Leander Dendoncker; Yannick Carrasco, Axel Witsel, Youri Tielemans, Thomas Meunier; Kevin De Bruyne, Eden Hazard; Michy Batshuayi. (Pelatih: Roberto Martinez). 

Kanada (3-4-3): Milan Borjan; Kamal Miller, Steven Vitoria, Alistair Johnston; Alphonso Davies, Stephen Eustaquio, Atiba Hutchinson, Richie Laryea; Cyle Larin, Jonathan David, Tajon Buchanan. (Pelatih: John Herdman). 

HEAD TO HEAD: 
Pertemuan: 1
Belgia menang: 1
Gol Belgia: 2
Seri: 0
Kanada menang: 0
Gol Kanada: 0.

5 PERTANDINGAN TERAKHIR BELGIA: 
12/06/22 Wales 1-1 Belgia (UNL)
15/06/22 Polandia 0-1 Belgia (UNL)
23/09/22 Belgia 2-1 Wales (UNL)
26/09/22 Belanda 1-0 Belgia (UNL)
18/11/22 Belgia 1-2 Mesir (Friendly).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR KANADA: 
14/06/22 Honduras 2-1 Kanada (Concacaf Nations League)
24/09/22 Qatar 0-2 Kanada (Friendly)
27/09/22 Kanada 0-2 Uruguay (Friendly)
11/11/22 Bahrain 2-2 Kanada (Friendly)
17/11/22 Jepang 1-2 Kanada (Friendly).

STATISTIK: 
BELGIA Menang: 64%
Imbang: 21%
KANADA Menang: 15%
SKOR: 2 - 0 (0 : 1). (nt/sumber)