Notification

×

Iklan

Iklan

Theo Adrianus Wujudkan Kualitas Pelayanan Baik di Rutan Kelas I Medan

Senin, 21 November 2022 | 16:56 WIB Last Updated 2022-11-21T09:56:23Z

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Medan Theo Adrianus, AMD, IP, SH. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Medan Theo Adrianus, AMD, IP, SH mewujudkan kualitas pelayanan baik kepada warga binaan. Hal itu terungkap saat wartawan, Senin (21/11/2022), diberikan kesempatan melihat langsung dapur umum Rutan Kelas I Medan. 


Karutan Theo yang pada Selasa (8/11/2022) lalu dilantik menjadi Kalapas Kelas II A Binjai tinggal menunggu serah terima jabatan, menyebut, kualitas pelayanan yang baik bentuk hadirnya negara.


"Bahwa memang salah satu bentuk negara hadir adalah negara dapat memberikan pelayanan baik bagi setiap warga negara. Khusus di dalam Rutan ini kita menangani orang-orang yang bermasalah dengan hukum sehingga konsekuensinya mereka harus menjalani pertanggungjawaban," kata Theo.


Karena mereka di penjara ini kan, tutur Theo, negara juga harus bertanggung jawab terhadap perawatan kesehatan tahanan, pembinaan kerohanian, dengan standar ukur yang berkualitas walaupun dengan keterbatasan anggaran.


"Bayangkan anggaran makan dan minum di Rutan hanya Rp19.000 per orang, per hari untuk 3 kali makan, potong PPN/PPH, hanya Rp6.000 1 kali makan, tapi lihat ada semangka, pisang, daging ikan, sayur mayur dan nasi putih, dengan keterbatasan anggaran kami coba maksimalkan apa yang terbaik kami berikan bagi warga binaan," ungkapnya.


Ia mengatakan, harapannya dengan makanan yang berkualitas diberikan kepada warga binaan, mereka akan sehat selama menjalani hukuman dan pada akhirnya mereka bisa kembali lagi ke masyarakat.


Tak hanya fasilitas makanan, ditegaskan Adrianus, terkait penyuluhan, pembinaan rohani, jasmani, kesadaran berbangsa dan bernegara terus dilakukan sesuai ketentuan. 


"Jadi terkait pembinaan kerohanian kita menyediakan masjid, gereja, vihara dan ada juga kuil. Kegiatan beribadah kita jalankan setiap harinya, seperti pagi tadi pendalaman Alquran, belajar fardhu kifayah, salat jenazah. Jadi bukan hanya salat lima waktu, ini tujuannya bagaimana kawan binaan ini meningkatkan diri untuk mendekatkan kepada sang pencipta," ucapnya.


Kendati demikian, Theo Adrianus juga menitip pesan kepada Karutan Kelas I Medan yang akan melanjutkan pengabdiannya untuk terus mensukseskan program yang telah terlaksana dengan baik.


"Selanjutnya harapan saya kepada Karutan yang baru agar terus mendukung mensukseskan program-program yang sudah kita jalankan selama ini dengan baik, sehingga kedepannya harapan kami terjadi peningkatan kinerja kualitas pelayanan lebih baik lagi, baik kepada masyarakat binaan dan media," pesan Theo, seraya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan jurnalis atas dedikasi peran sertanya selama ini memberikan masukan, saran, dan koreksinya. (sh)