Notification

×

Iklan

Iklan

Dilatih, 20 Warga Binaan Siap Menjadi Agen Kesehatan di Lapas Kelas I Medan

Kamis, 19 Januari 2023 | 23:41 WIB Last Updated 2023-01-19T16:41:08Z

Warga binaan di Lapas Klas I Medan yang dilatih agar bisa menjadi agen kesehatan. (Ist)

ARN24.NEWS
– Sebanyak 20 warga binaan Lapas Kelas I Medan dilatih menjadi kader kesehatan, di Aula Gedung III lantai 2, Kamis (19/1/2023). Mereka akan dibina dan diseleksi agar menjadi agen kesehatan di Lapas Kelas I Medan.


Kegiatan ini sebagai tonggak awal sebelum mereka benar-benar diterjunkan untuk membantu tim kesehatan lapas yang terletak di Jalan Lembaga Pemasyarakatan. 


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Lapas Kelas I Medan, setelah dilakukan pelatihan kepada kader diharapkan bisa menjadi perpanjangan tangan paramedis dalam peningkatan pelayanan kesehatan.


Kegiatan ini sebagai menindaklanjuti Surat Edaran dari DitjenPas Nomor : PAS.6-PK.06.06-657 tentang Dukungan Pengendalian HIV-AIDS Bagi Tahanan dan Warga binaan Pemasyarakatan. 


Lapas Kelas I Medan bekerja sama dengan Puskesmas Helvetia Medan melaksanakan pelatihan dan penguatan bagi kader kesehatan yang berasal dari warga binaan.


Kabid Pembinaan, Peristiwa Sembiring, dalam keterangannya menyampaikan, warga binaan ini bisa menjadi perpanjangan tangan tenaga medis dalam upaya pelayanan kesehatan yang optimal bagi setiap Warga Binaan Pemasyarakatan.


"Sehingga tercapai pelayanan yang berkualitas," jelasnya.


Kegiatan ini dilanjutkan dengan Kegiatan materi HIV-AIDS, TBC, SCABIES, oleh Tim Puskesmas Helvetia Medan.


Pihak Puskesmas Medan Helvetia dalam kesempatan itu mengatakan, puskesmas aktif dalam melakukan pencegahan dan sosialisasi terkait penyakit infeksi menular seksual.


Selain itu, mereka bertugas sebagai perpanjang tangan paramedis dalam bidang kesehatan, untuk mengingatkan warga binaan yang agar terhindar dari penyakit HIV/AIDS dan pencegahannya.


"Semangat kita bersama untuk mewujudkan bidang kesehatan lebih baik," jelasnya.


Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Puskesmas Helvetia, Kasie Perawatan, Rudi Sembiring, Kasie Registrasi, Raymond Rumahorbo, Kasie Bimkemas, Sahat Sihombing, Tim Medis dan Paramedis Lapas I Medan, Tim Medis Puskesmas Helvetia. (sh)