Notification

×

Iklan

Iklan

NasDem: Demokrat dan PKS Deklarasi Anies Capres di Februari?

Sabtu, 07 Januari 2023 | 19:37 WIB Last Updated 2023-01-07T12:37:37Z

Effendi Choirie atau Gus Choi, (Mulia Budi/detikcom)

ARN24.NEWS
– Ketua DPP Partai NasDem Effendi Choirie atau Gus Choi mengaku mendapat bocoran Partai Demokrat dan PKS akan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres). Gus Choi menyebut deklarasi itu akan dilakukan pada bulan Februari.


"Sebetulnya yang punya hak untuk menyatakan itu mereka sendiri ya, dinyatakan oleh PKS sendiri atau oleh Demokrat bukan saya. Tetapi saya mendengar sebenarnya, saya mendengar bahwa PKS maupun Demokrat akan mendeklarasikan, mendukung Anies sebagai calon presiden," kata Gus Choi kepada wartawan dalam acara diskusi politik di Kopi Politik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (7/1/2023).


Gus Choi mengatakan dirinya tak memiliki hak untuk menyampaikan secara resmi terkait rencana deklarasi tersebut. Namun demikian, Gus Choi menuturkan deklarasi itu tak lama lagi akan dilakukan.


"Mungkin akhir Januari, mungkin Februari, pokoknya kira-kira sekitar 2 bulan, 1 bulan, inilah. Itu yang saya dengar," ucapnya.


Gus Choi mengatakan NasDem yakin PKS dan Demokrat memiliki keyakinan yang sama untuk mendukung Anies Baswedan maju dalam Pilpres 2024. Dia menyebut NasDem juga yakin PKS-Demokrat tak akan goyah meski ada tawaran dari partai lain.


"Atas informasi itu saya yakin PKS sama Demokrat itu punya keimanan yang mantap untuk mendukung Anies sebagai calon presiden bersama NasDem, jadi orang lain boleh ragu tapi kami mantap. NasDem mantap, yakin, mereka tidak goyah, meskipun ada yang menawari dari kekuasaan mau dikasih menteri ini menteri itu, kami nggak yakin mereka goyah, keyakinan kami justru mereka mantap mendukung Anies," ujar Gus Choi.


Poros 'Koalisi Perubahan' yang digodok Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS diketahui masih belum kunjung menggelar deklarasi meski Anies Baswedan sudah dideklarasikan sebagai bakal capres dari parpol pertama pada 3 Oktober 2022.


Wakil Ketua DPP NasDem Willy Aditya menyampaikan saat ini ketiga partai telah menyelesaikan platform dan program koalisi. Soal timing deklarasi koalisi bersama, Willy mengatakan saat ini sedang dimatangkan.


"Beberapa hal yang sudah diselesaikan itu platform dan program. Portofolio masih terus dibicarakan dan dimatangkan. Juga kontribusi terhadap pemenangan dan terakhir tentu timing deklarasi bersama," kata Willy kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Senin (2/1/2023) lalu. (dtc)