Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Final Supercopa, AC Milan VS Inter Milan: Derby The Milano...(LIVE TVRI KAMIS DINI HARI PUKUL 02.00 WIB)

Rabu, 18 Januari 2023 | 14:08 WIB Last Updated 2023-01-18T07:08:16Z

ARN24.NEWS --
Secara head to head, AC Milan versus Inter nyaris menunjukan hasil seimbang. Namun Rossoneri unggul tipis dengan memenangkan 2 pertemuan, 1 kekalahan, dan 2 hasil seri. Dalam perjumpaan pemungkas, Milan menundukan Inter 3-2 di Serie A musim ini saat berstatus sebagai tuan rumah. 

Sebaliknya, Inter menundukan Milan 3-0 saat terakhir bertindak sebagai tuan rumah di Coppa Italia musim lalu. Kekalahan Milan atas Inter kala itu menggagalkan peluang Rossoneri dalam meraih double winner. Nah, di pertemuan penentu juara Supercopa Italia ini keduanya kembali bersua di King Fahd International Stadium, Kamis (19/1/2023) pukul 02.00 WIB.

Sepanjang sejarah Piala Super Italia yang mulai bergulir pada 1988, AC Milan tercatat sudah menjuarai kompetisi ini sebanyak 7 kali. Sebaliknya, Inter sang rival baru 6 kali. Pertemuan di Supercoppa Italiana 2023 ini akan jadi penentu apakah Rossoneri bisa menjauhi Nerazzurri, atau malah jumlah trofinya disamai. Uniknya, meski sudah bertabur gelar, AC Milan dan Internazionale baru sekali bertemu di 
Piala Super Italia sebelum laga di Riyadh kali ini. 

Hal tersebut berlangsung pada Supercoppa Italiana 2011. Kala itu, Milan keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1. Kini, menjelang Derby della Madonnina di Supercoppa Italiana 2023, AC Milan dalam performa kurang apik. Dalam 4 pertandingan usai jeda Piala Dunia 2022, Rossoneri cuma meraih 1 menang, 2 imbang, dan sekali tumbang. Rossoneri juga langsung tersingkir di Coppa Italia lawan Torino. 

Dalam laga pemungkas di Serie A, AC Milan ditahan imbang Lecce 2-2. Hasil negatif ini membuat Rossoneri tertinggal 9 poin dari capolista, Napoli. Selain itu, tim asuhan Stefano Pioli masih berkutat dengan masalah cedera pemain. Sebaliknya, penampilan Internazionale secara umum lebih baik daripada sang rival sekota. La Beneamata merengkuh 3 kemenangan dari 4 laga terakhir, termasuk saat mengandaskan Napoli, sang penguasa Serie A saat ini. 

Satu-satunya hasil imbang Inter didapat dari Monza dengan skor 2-2 selepas kemenangan atas Napoli. AC Milan masih dihadapkan pada badai cedera jelang Supercoppa Italia 2023. Beberapa pemain, seperti Zlatan Ibrahimovic, Alessandro Florenzi, Mike Maignan, Fode Ballo Toure, Ante Rebic, hingga Rade Krunic diragukan tampil. Kehilangan beberapa pilar ini jadi masalah Milan yang tak kunjung konsisten. 

Kini, menghadapi Inter dalam laga hidup atau mati, Stefano Pioli ingin anak asuhnya mengesampingkan performa buruk di Serie A dan Coppa Italia. Sebaliknya, jika bisa meraih trofi Piala Super Italia, AC Milan akan menemukan momentumnya kembali. “Apa yang terjadi di Liga (Italia) tidak berarti apa-apa. Besok adalah pertandingan lain kami ingin memainkannya,” ujar Piolli jelang final Super Coppa, dilansir dari Sempre Milan. 

Piolli menyoroti masalah pertahanan timnya yang rapuh: kebobolan 5 gol dari 4 pertandingan pembuka. Mereka juga belum menciptakan clean sheet. Pioli menyebut, sektor ini akan ia benahi menghadapi kekuatan tempur sebesar Inter. “Kami harus mencoba bertahan lebih baik karena kebobolan terlalu banyak gol. Kami perlu menemukan kekompakan pertahanan lagi. Kami berbuat salah jika lawan bisa dengan mudah menjebol gawang tim ini,” terang Pioli. 

Kesulitan di Liga Italia serta tersingkir dari Coppa Italia jelas akan membuat Rossoneri berambisi memenangankan Super Coppa Italiana 2023. Pioli tak menampik bahwa menghadapi Inter bukan perkara mudah. “Inter tim kuat, tapi seperti semua tim, mereka memiliki kelemahan. Jelas saya tidak akan memberi tahu,” kelakarnya. 

Badai cedera juga menimpa Inter jelang laga final Supercoppa Italiana 2023. Marcelo Brozovic, Romelu Lukaku, hingga Samir Handanovic diperkirakan akan absen di Riyadh. Hal ini dikonfirmasi pelatih Inter, Simone Inzaghi usai menghadapi Hellas Verona di Liga Italia. 

“Saya pikir Handanovic dan Brozovic tidak akan fit untuk Super Coppa, dan kami akan memantau (perkembangan) Lukaku hari demi hari,” beber Inzaghi beberapa hari lalu laman Inter. Inzaghi juga mengkhawatirkan kebugaran pemain dalam menghadapi jadwal padat. 

Terlebih La Beneamata masih harus berfokus pada perebutan scudetto dan Coppa Italia yang terus memanas. Di laga Coppa Italia misalnya, Inter dipaksa bermain hingga babak perpanjangan untuk memastikan tiket lolos. “Saya sedikit khawatir tentang kondisi beberapa pemain setelah tiga pertandingan dalam waktu yang begitu singkat,” ujarnya. 

Catatan ARN24.NEWS 
 
Milan datang ke Riyadh, Arab Saudi, dengan status juara Serie A 2021/2022. Sementara itu, Inter datang sebagai kampiun Coppa Italia 2021/2022. Di Serie A akhir pekan kemarin, dua rival sekota ini meraih hasil yang berbeda. Gol-gol Rafael Leao dan Davide Calabria menghindarkan Milan dari kekalahan di markas Lecce, sedangkan gol tunggal Lautaro Martinez membawa Inter menang tipis 1-0 atas Hellas Verona.

Pertemuan di King Fahd International Stadium nanti akan menjadi pertemuan kedua Milan dan Inter di ajang Supercoppa Italia. Sebelumnya, Milan mengalahkan Inter 2-1 di Beijing pada edisi 2011. Milan masih akan mengandalkan Olivier Giroud di lini depan. Striker Prancis itu akan ditopang Rafael Leao yang masih bertahan di Milan. 

Leao akan menopang dari sisi kiri penyerangan. Di sisi sebalahnya, Milan akan mengandalkan Saelemaekers, dan Brahim Diaz di sektor tengah. Inter berpeluang mengandalkan Edin Dzeko untuk ditandemkan dengan Lautaro Martinez, sebagai pengisi kekosongon Lukaku. Posisi penjaga gawang Inter kembali akan dipercayakan untuk Andre Onana. Inzaghi kemungkinan memasang Barella, Calhanoglu, dan Mkitaryan sebagai trio lapangan tengah Inter di lagan anti.

Milan cuma kalah 1 kali dalam 5 laga terakhirnya melawan Inter di semua kompetisi. Milan cuma menang 3 kali dalam 13 laga terakhirnya melawan Inter di semua kompetisi. Milan tanpa kemenangan dalam 3 laga terakhirnya di semua kompetisi. Milan cuma menang 2 kali dalam 6 laga terakhirnya di semua kompetisi. 

Inter selalu menang dengan margin 1 gol dalam 2 laga terakhirnya di semua kompetisi. Inter tak terkalahkan dalam 6 laga terakhirnya di semua kompetisi. Inter cuma mencatatkan 2 clean sheet dalam 8 laga terakhirnya di semua kompetisi.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
AC Milan (4-2-3-1): Tatarusanu; Calabria, Kalulu, Tomori, Theo Hernandez; Bennacer, Tonali; Saelemakers, Brahim Diaz, Leao; Giroud. (Pelatih: Stefano Pioli) 

Inter Milan (3-5-2): Onana; Skriniar, Acerbi, Bastoni; Darmian, Barella, Calhanoglu, Mkhitaryan, Dimarco; Dzeko, Lautaro. (Pelatih: Simone Inzaghi) 

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
03-09-2022 Milan 3-2 Inter (Serie A)
20-04-2022 Inter 3-0 Milan (Coppa Italia)
02-03-2022 Milan 0-0 Inter (Coppa Italia)
06-02-2022 Inter 1-2 Milan (Serie A)
08-11-2021 Milan 1-1 Inter (Serie A).

5 LAGA TERAKHIR AC MILAN: 
14-11-22 Milan 2-1 Fiorentina (Serie A)
04-01-23 Salernitana 1-2 Milan (Serie A)
09-01-23 Milan 2-2 Roma (Serie A)
12-01-23 Milan 0-1 Torino (Coppa Italia)
15-01-23 Lecce 2-2 Milan (Serie A).

5 LAGA TERAKHIR INTER MILAN: 
13-11-22 Atalanta 2-3 Inter (Serie A)
05-01-23 Inter 1-0 Napoli (Serie A)
08-01-23 Monza 2-2 Inter (Serie A)
11-01-23 Inter 2-1 Parma (Coppa Italia)
15-01-23 Inter 1-0 Verona (Serie A).

STATISTIK: 
AC MILAN Menang: 35%
Imbang: 30%
INTER MILANG Menang: 35%
SKOR: 1 - 1 (0 : 0). (nt/sumber)