Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Final Supercopa, Real Madrid VS Barcelona: Gengsi El Clasico (LIVE RCTI SENIN DINI HARI PUKUL 02.00 WIB)

Minggu, 15 Januari 2023 | 11:30 WIB Last Updated 2023-01-15T04:30:00Z

ARN24.NEWS --
Final Supercopa de Espana 2023 menjadi kesempatan kedua tim merengkuh trofi musim ini. Rekor pertemuan El Clasico dalam 5 pertandingan terakhir mengunggulkan Madrid. Pun Los Blancos punya catatan lebih baik dari Blaugrana di 5 partai Supercopa terakhir keduanya. 

Pertarungan gengsi serta musuh bebuyutan ini digelar di Stadion King Fahd, Arab Saudi, Senin (16/1/2023) pukul 02.00 WIB. Hanya saja, jelang pertandingan, situasi tim Barcelona bisa dibilang lebih prima dibandingkan Real Madrid yang datang tanpa dua pemain, yakni Aurélien Tchouaméni dan David Alaba. 

Ditambah, di laga terakhir 3 pemain Madrid dikabarkan cedera dan diragukan tampil di final. Sedangkan Barcelona nyaris tak kehilangan pemain dengan kembali mendapatkan jasa Robert Lewandowski selepas skorsing di beberapa pertandingan LaLiga Spanyol. Situasi jadwal pertandingan ke depan juga menguntungkan Barcelona. 

Ada pun kedua tim ini sama-sama lolos ke final lewat adu penalti. Madrid ditahan imbang Valencia 1-1 (pen 4-3) dalam partai semifinal, Kamis (12/1/2023). Situasi sama dihadapi Barcelona saat melawan Real Betis di semifinal. Blaugrana mengakhiri pertandingan lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 (pen 2-4) pada Jumat (13/1/2023). 

Barcelona berpeluang akan bermain lebih all out dalam laga final ini. Hal ini bisa saja terjadi dengan menilik fakta, bahwa Barcelona tak memiliki fokus lagi di Liga Champions musim ini lantaran tersingkir di fase grup dan terlempar ke Europa League. Selain itu, Blaugrana mengalami paceklik gelar selama 3 musim terakhir dengan hanya merengkuh 1 trofi Copa del Rey pada 2021 silam. 

Jadwal pertandingan juga menguntungkan Barcelona. Pekan depan mereka bertemu tim divisi ketiga Liga Spanyol, AD Ceuta di Copa del Rey yang praktis membuat Barcelona lebih berpeluang melakukan rotasi pemain. Di Liga Spanyol, mereka ditantang dua tim papan tengah Getafe dan Girona, hingga penghujung Januari. 

Pun kebugaran tim dipastikan dalam kondisi prima, tanpa pemain yang dikabarkan mengalami cedera. Keseriusan Barca dalam menatap Supercopa pernah diutarakan sang pelatih, Xavi Hernandez, jelang turnamen singkat ini. Ia yang awalnya sempat tak ingin terlalu berfokus pada Supercopa lantaran jadwal padat, kini justru berambisi memenangkan gelar Supercopa. 

Kemenangan bagi Barca tentu saja menjadi upaya legitimasi tim, bahwa mereka yang mengalami paceklik gelar di 3 musim terakhir masih layak untuk berbicara banyak di kompetisi domestik, setidaknya dengan mengamankan 1 trofi Supercopa. 

“Saya di sini untuk memenangkan gelar dan jika tidak ada gelar musim ini, Anda akan membunuh saya. Jadi lakukanlah,” ucap Xavi jelang turnamen dikutip dari beIN Sports. Situasi tak lebih baik dialami Madrid yang datang tak membawa Tchouaméni dan Alaba. Selain itu, terbaru mereka mengganti Lucas Vazquez, Eduardo Camavinga, dan Eder Militao di pertandingan lantaran sempat mengalami cedera. 

Pemain ini diragukan tampil di final. Adapun, Madrid menjalani kalender berat Januari ini. Setelah Supercopa, mereka masih ditantang Villareal di Copa del Rey. Selanjutnya, El Real akan bergantian meladeni Athletic Bilbao dan Real Sociedad. Tiga tim itu sama-sama bersaing di papan atas LaLiga. 
Jika menilik fakta ini, Madrid bisa saja sedikit mengendurkan ambisi perburuan Supercopa demi kelanjutan kiprah mereka di dua kompetisi yang bisa dibilang lebih prestise dari Supercopa. 

Apalagi, di LaLiga Los Blancos masih tertinggal 3 poin dari Barca. Akan tetapi, Madrid adalah juara bertahan Supercopa musim lalu, sebaliknya Barcelona terakhir merengkuh gelar ini pada 2018. Madrid masih tertinggal 1 gelar dari Barcelona. Keduanya masing-masing Madrid merengkuh 12 gelar Supercopa, dan Barcelona 13 gelar Supercopa. Kemenangan akan membuat El Real menyamai torehan Barcelona.

Catatan ARN24.NEWS 
 
Madrid dan Barcelona sama-sama membutuhkan adu penalti untuk menyingkirkan lawan-lawan mereka di semifinal. Sekarang, dua rival El Clasico ini pun akan bertarung dalam perebutan gelar juara. Di semifinal, Madrid bermain imbang 1-1 dengan Valencia sepanjang waktu normal dan extra time. Satu gol Madrid dicetak oleh Karim Benzema dari titik penalti. Setelah itu, Madrid menang adu penalti 4-3.

Di lain pihak, Barcelona bermain imbang 2-2 dengan Real Betis. Gol-gol Robert Lewandowski dan Ansu Fati tak cukup bagi Barcelona untuk menyingkirkan Betis lewat waktu normal maupun extra time. Di babak adu penalti, Barcelona menang 4-2.

Musim ini, Madrid dan Barcelona sudah bertemu sekali, yakni di Santiago Bernabeu pada pekan ke-9 La Liga. Madrid memukul Barcelona 3-1. Tiga gol Madrid diciptakan oleh Karim Benzema, Federico Valverde, dan Rodrygo (penalti), sedangkan satu gol Barcelona dicetak oleh Ferran Torres.

Carlo Ancelotti di kubu Madrid berpeluang menurunkan Dani Carvajal menggantikan pos yang ditinggal Eder Militao. Lini tengah madrid berpeluang diisi Kroos, Valverde, dan Luka Modric. Adapun di posisi depan, Benzema akan ditemani Vinicius dan Rodrigo. Sebaliknya, Barcelona berpeluang mengandalkan Robert Lewandowski di posisi ujung tombak. 

Ansu Fati yang di laga terakhir menyumbang 1 gol berpeluang diberi tempat sejak menit awal, bersama Ousmane Dembele yang sama-sama mengisi posisi penyerang sayap. Lini tengah Barca akan dikawal Busquets bersama Pedri dan de Jong.

Torehan lebih baik dicatatkan Madrid dalam menghadapi Barcelona pada 5 pertemuan terakhir keduanya di Supercopa. Terakhir, mereka bertemu di semifinal Supercopa musim lalu. Madrid saat itu menundukan Barcelona dengan skor 2-3. Laga saat itu berjalan sengit. Kedua tim saling berbalas gol diawali oleh gol Vinicius di menit 25. 

Selanjutnya Barcelona menyamakanan kedudukan lewat gol Luuk de Jong di menit 41’. Selepas turun minum, Madrid kembali unggul lewat gol Benzema di menit 72, yang kemudian kembali direspons Barca lewat gol Ansu Fati. 

Di waktu normal, kedudukan sama 2-2. Hanya saja, satu gol Valverde di menit 98 menjadi pembeda kemenangan Madrid atas Barca, yang saat itu mengantarkan Madrid ke partai final untuk merengkuh gelar ke-12 di Supercopa. Adapun dua pertemuan lainnya terjadi di final Supercopa 2017 saat turnamen masih menggunakan format tanpa semifinal. Madrid saat itu menang dalam dua leg sekaligus. Pertama 1-3 di Camp Nou dan 2-0 di Santiago Bernabeu. 

Kemenangan Madrid waktu itu memastikan El Real merengkuh Supercopa 2017 dengan agregat 5-1. Dua pertemuan lain terjadi final di Supercopa 2012 dengan Madrid dan Barca gantian merengkuh kemenangan dalam final dua leg. Barcelona lebih dulu unggul di leg 1 saat bermain di kandang dengan skor 3-2. Selanjutnya Madrid gantian menang 2-1. Alhasil, Madrid keluar sebagai juara setelah menang jumlah gol tandang meski agregat sama kuat 4-4.

Madrid memenangi 6 dari 7 laga terakhirnya melawan Barcelona di semua kompetisi. Madrid memenangi 18 dari 25 laga yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini. Madrid selalu mencetak 1 gol dalam 3 laga terakhirnya di semua kompetisi. Barcelona memenangi 16 dari 24 laga yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini. 

Barcelona menang 6 kali dan tak terkalahkan dalam 8 laga terakhirnya di semua kompetisi. Barcelona cuma mencatatkan 2 clean sheet dalam 7 laga terakhirnya di semua kompetisi.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Real Madrid (4-3-3): Courtois;Mendy, Rudiger, Nacho, Carvajal; Modric, Valverde, Kroos; Vinicius, Benzema, Rodrygo. (Pelatih: Carlo Ancelotti) 

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Christensen, Araujo, Kounde; Pedri, Busquets, Gavi; Dembele, Lewandowski, Raphinha. (Pelatih: Xavi) 

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
16-10-2022 Madrid 3-1 Barcelona (La Liga)
21-03-2022 Madrid 0-4 Barcelona (La Liga)
13-01-2022 Barcelona 2-3 Madrid (Supercopa)
24-10-2021 Barcelona 1-2 Madrid (La Liga)
11-04-2021 Madrid 2-1 Barcelona (La Liga).

5 LAGA TERAKHIR REAL MADRID: 
11-11-22 Madrid 2-1 Cadiz (La Liga)
31-12-22 Valladolid 0-2 Madrid (La Liga)
04-01-23 Cacereno 0-1 Madrid (Copa del Rey)
07-01-23 Villarreal 2-1 Madrid (La Liga)
12-01-23 Madrid 1-1 Valencia (Supercopa).

5 LAGA TERAKHIR BARCELONA: 
09-11-22 Osasuna 1-2 Barcelona (La Liga)
31-12-22 Barcelona 1-1 Espanyol (La Liga)
05-01-23 Intercity 3-4 Barcelona (Copa del Rey)
09-01-23 Atletico 0-1 Barcelona (La Liga)
13-01-23 Betis 2-2 Barcelona (Supercopa).

STATISTIK: 
REAL MADRID Menang: 40%
Imbang: 25%
BARCELONA Menang: 35%
SKOR: 1 - 0 (0 : 1/4). (nt/sumber)