Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi EPL, Forest VS Man City: Kans Menjauh (LIVE VIDIO SABTU MALAM PUKUL 22.00 WIB)

Sabtu, 18 Februari 2023 | 12:45 WIB Last Updated 2023-02-18T05:45:33Z

ARN24.NEWS --
Manchester City dijamu Nottingham Forest di City Ground pada pekan ke-24 Premier League 2022/2023, Sabtu (18/2/2023) pukul 22.00 WIB. Man City akhirnya sukses mengudeta posisi puncak klasemen Liga Inggris, selepas pada tengah pekan ini menundukan Arsenal 1-3 di Stadion Emirates, London. 

Meski demikian posisi The Citizens tetap belum aman. Pasalnya mereka hanya terpaut 3 poin dari Arsenal di peringkat 2, sedangkan The Gunners juga masih memiliki 1 tabungan laga. Untuk laga akhir pekan ini kemenangan jelas kembali dibidik skuad Man City di bawah asuhan Pep Guardiola. Mereka jelas tak ingin terlalu cepat melepaskan tampuk puncak tabel. 

Sementara itu laga kontra Nottingham juga menjadi sebuah pertaruhan, lantaran tengah pekan depan The Citizens juga mesti fokus dalam lanjutan jadwal Liga Champions (UCL) kontra Leipzig. Di sisi lain, pada pertandinan terakhirnya Nottingham menyerah 2-0 di tangan Fulham. The Tricky Trees kini masih berjuang di papan tengah klasemen EPL, tangga 14 dengan koleksi 24 poin. 

Jika pekan ini mampu meraup poin penuh, Nottingham punya kans naik 2 tingkat. Manchester City enggan jemawa, kendati mereka baru saja berhasil menggusur Arsenal dari puncak klasemen. Pasalnya sang kompetitor masih memiliki tabungan 1 pertandingan. Pelatih Pep Guardiola terang-terangan menyebut timnya tetap wajib bekerja keras. 

“Masih ada satu pertandingan tersisa (tabungan 1 laga Arsenal), jadi saya menganggap mereka berada di puncak klasemen,” ujar Pep usai duel kontra Arsenal dikutip dari laman klub. Pep kini menuntut timnya fokus pada pertandingan selanjutnya. Man City juga harus membagi fokus untuk 3 kompetisi sekaligus setidaknya dalam 2 pekan ke depan. 

The Citizens harus meladeni RB Leizpig tengah pekan nanti di UCL. Mereka juga harus menuntaskan babak 16 besar Piala FA kontra Bristol, pada awal Maret. “Ini jalan yang panjang. Masih banyak lagi pertandingan yang dimainkan,” terang Pep. 

Kemenangan atas Arsenal memang jadi modal penting bagi Man City. Diakui sang pelatih, laga itu merupakan salah satu duel krusial dalam perebutan juara Liga Inggris. Mental bertanding tim kini kembali bangkit, selepas Man City sempat 2 kali gagal meraup poin pada paruh kedua Liga Inggris. Kemenangan atas Arsenal juga menunjukkan solidnya skuad Man City. 

Tim asuhan Pep Guardiola memang sempat tak mampu berbuat banyak pada babak pertama. Tapi performa mereka di babak kedua yang berhasil mengambil alih kendali permainan, telah menjadi kunci kemenangan dengan skor 1-3. “Banyak game untuk dimainkan. Yang terpenting adalah kemenangan melawan tim ini (Arsenal) di stadion ini [Emirates],” paparnya saat itu. 

Laga kontra Nottingham menjadi kesempatan besar Man City untuk terus melanjutkan tren kemenangan. Terlebih, tim tuan rumah tengah pincang dengan kehilangan setidaknya 8 pemain karena cedera. Masalah itu sebenarnya sudah coba diatasi dengan perombakan skuad pada bursa transfer Januari. Hanya saja, permasalahan vital lainnya terjadi setelah 2 pemain belakang yang berposisi sama, Scott McKenna dan Willy Boly harus absen. 

Nottingham juga tengah melobi penggelola liga agar dapat memasukan bek Steve Cook ke dalam skuad. Steve Cook sendiri tak didaftarkan pada paruh kedua, meski masih berstatus pemain Nottingham. Sebagai informasi, regulasi Liga Inggris membatasi skuad hanya berisi 25 pemain di atas 21 tahun, dengan syarat khusus menyertakan 7-8 pemain homegrown. 

Selanjutnya, tak ada batasan untuk pemain di bawah U-21. “Kami telah mengajukan permohonan melalui aturan Liga Inggris untuk membawa Steve kembali. Kami mengharapkan hal itu terjadi, dan tentu saja kami berharap hal itu terjadi," kata pelatih Nottingham, Steve Cooper jelang duel kontra City, Kamis (16/2/2023) dikutip dari BBC. 

Catatan ARN24.NEWS 
 
Nottingham tak memiliki banyak waktu untuk merampungkan persoalan administratif tersebut. Sang pelatih mengaku akan berjuang keras, kendati badai cedera cukup menyulitkan timnya. “Sangat mengecewakan kami mendapat cedera, tetapi kami tidak akan terlarut tentang itu. Kami harus positif dan bermain dengan mentalitas yang bisa dilakukan," papar Cooper.

Secara heda to head Nottingham Forest vs Man City terakhir kali terjadi pada paruh pertama musim ini, dengan kemenangan 6-0 The Citizens. Nottingham harus kehilangan sejumlah pemain akibat badai cedera. Kepincangan bakal terjadi di lini belakang dengan absennya McKenna dan Willy Boly di laga terbaru. Terlepas dari itu, Nottingham masih bisa mengandalkan Morgan Gibbs-White di lini tengah. 

Morgan Gibbs-White sejauh ini menjadi tumpuan tim dengan tampil 21 kali serta mencetak 2 gol dan 4 assist. Ia bisa menopang Chris Wood, penyerang yang baru dipinjam dari Newcastle pada paruh kedua. Kubu Man City nyaris tak memiliki masalah serius soal komposisi pemain. Hanya John Stones yang diragukan tampil. 

Sementara, Pep berpeluang melakukan banyak rotasi, demi menjaga kebugaran tim usai melakoni laga akhir pekan dan bakal kembali bertarung di Liga Champions tengah pekan depan. Forest cuma menang 1 kali dalam 6 laga terakhirnya melawan City di semua kompetisi. Forest cuma kalah 1 kali dalam 6 laga terakhirnya di Premier League. 

Forest mencatatkan 3 clean sheet dalam 5 laga terakhirnya di Premier League. Forest tak terkalahkan dalam 7 laga kandang terakhirnya di Premier League. Forest tak pernah gagal mencetak gol dalam 9 laga kandang terakhirnya di Premier League. Forest mencatatkan 3 clean sheet dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 4 laga kandang terakhirnya di Premier League. Forest selalu menang tanpa kebobolan dalam 2 laga kandang terakhirnya di Premier League. 

City selalu menang dengan skor 3-1 dalam 2 laga terakhirnya di Premier League, yakni atas Aston Villa (kandang) dan Arsenal (tandang). City memenangi 5 dari 7 laga terakhirnya di Premier League. City selalu kebobolan 1 gol dalam 3 laga terakhirnya di Premier League. Tak ada hasil seri dalam 8 laga tandang terakhir City di Premier League. 

City selalu gagal clean sheet dalam 3 laga tandang terakhirnya di Premier League. City selalu mencetak minimal 3 gol dalam 4 dari 8 laga terakhirnya melawan Forest di semua kompetisi.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Nottingham Forest (4-2-3-1): Navas; Lodi, Worrall, Felipe, Aurier; Mangala, Shelvey; Scarpa, Gibbs-White, Johnson; Wood. (Pelatih: Steve Cooper) 

Manchester City (3-4-3): Ederson; Laporte, Dias, Walker; Silva, Rodri, De Bruyne, Lewis; Grealish, Haaland, Mahrez. (Pelatih: Josep Guardiola) 

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
01-09-2022 City 6-0 Forest (EPL)
03-01-2009 City 0-3 Forest (FA Cup)
30-03-2002 City 3-0 Forest (Championship)
29-10-2001 Forest 1-1 City (Championship)
05-02-2000 Forest 1-3 City (Championship).

5 LAGA TERAKHIR FOREST: 
21-01-23 Bournemouth 1-1 Forest (EPL)
26-01-23 Forest 0-3 MU (EFL Cup)
02-02-23 MU 2-0 Forest (EFL Cup)
05-02-23 Forest 1-0 Leeds (EPL)
11-02-23 Fulham 2-0 Forest (EPL).

5 LAGA TERAKHIR MAN CITY: 
22-01-23 City 3-0 Wolverhampton (EPL)
28-01-23 City 1-0 Arsenal (FA Cup)
05-02-23 Tottenham 1-0 City (EPL)
12-02-23 City 3-1 Aston Villa (EPL)
16-02-23 Arsenal 1-3 City (EPL).

STATISTIK: 
FOREST Menang: 10%
Imbang: 17%
MAN CITY Menang: 73%
SKOR: 0 - 2 (1 1/2 : 0). (nt/sumber)