Notification

×

Iklan

Iklan

Ingat! Wanita, Jangan Lupa Pipis Setelah Bercinta

Jumat, 10 Maret 2023 | 23:09 WIB Last Updated 2023-03-10T16:09:48Z

Ilustrasi. Setiap wanita disarankan untuk buang air kecil setelah bercinta. (iStockphoto/patchanan promunat)

ARN24.NEWS
– Menjaga kesehatan organ reproduksi adalah wajib. Buat wanita, area vagina harus selalu bersih. Anda bahkan disarankan untuk selalu buang air kecil sekaligus membersihkan area organ intim setelah bercinta.


"Untuk menjaga kebersihan, justru selesai [berhubungan intim] harus pipis, dibersihkan [vaginanya]," jelas dokter spesialis kandungan Yasmien Hasby dalam seminar kesehatan di Ritz-Carlton Jakarta.


Dia menekankan agar vagina selalu dijaga kebersihannya termasuk setelah bercinta. Kalau bisa, wanita disarankan langsung buang air kecil untuk mencegah infeksi termasuk infeksi saluran kemih.


Setelah itu, vagina cukup dibersihkan dengan air tanpa sabun. Anda tak disarankan mencuci vagina dengan sabun kewanitaan. Sabun bisa menghilangkan bakteri baik yang ada pada vagina.


"Dari riset, kurang dianjurkan [mencuci vagina pakai sabun]. Karena apa? Vagina kita itu sebenarnya mempunyai bakteri khusus, bakteri baik. Gunanya untuk melawan kalau ada yang masuk ke vagina," jelas Yasmien.


Bukti perlawanan bakteri baik terhadap virus, bakteri atau kuman lain ini bisa berupa keputihan yang masih dalam batas normal.


"Penggunaan sabun tadi disebut bisa membunuh bakteri baik," ujar Yasmien.


Selain itu, sabun kewanitaan juga bisa menimbulkan iritasi akibat zat pewangi yang ada di dalamnya. Selain iritasi, keputihan juga akan berlangsung dengan tidak normal.


"Kalau keputihan lebih banyak, sebaiknya tidak [dilanjutkan pakai sabun]," ujar Yasmien. (els/asr)