Notification

×

Iklan

Iklan

Sosok Raja Salman dari Arab Saudi, Hafal Al Qur'an Sejak Usia 10 Tahun

Sabtu, 25 Maret 2023 | 05:04 WIB Last Updated 2023-03-24T22:04:04Z

Profil Raja Salman dari Arab Saudi. (CNN Indonesia)


ARN24.NEWS – Raja Arab Saudi Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud merupakan salah satu pemimpin negara mayoritas muslim paling berpengaruh di dunia.


Pada 2022, Raja Salman bahkan menduduki peringkat kedua dalam daftar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia versi themuslim500.com.


Raja Salman merupakan raja Saudi ke tujuh yang mulai menjabat sejak 23 Januari 2015, setelah Raja Abdullah bin Abdul-Aziz wafat.


Salman sebelumnya menjadi gubernur Riyadh selama lebih dari 50 tahun dan memimpin kota itu saat masih terisolasi dengan gurun pasir hingga menjadi modern dengan gedung-gedung pencakar langit, universitas, dan restoran Barat.


Dia lalu menjabat menteri pertahanan Saudi pada 2011 dan menduduki posisi kepala militer Saudi ketika bergabung dengan Amerika Serikat dan negara Arab lainnya dalam serangan ke Suriah pada 2014 untuk menghancurkan ISIS.


Saat menjadi Menteri Pertahanan, Salman juga menjadi Wakil Perdana Menteri Saudi selama dua setengah tahun mulai 2012.


Mengutip kantor berita Saudi, SPA, Raja Salman lahir di Riyadh pada 31 Desember 1935. Dia merupakan anak ke-25 dari mendiang Raja Abdul-Aziz Al-Saud.


Salman memulai pendidikannya di sekolah pangeran di Riyadh dengan belajar ilmu agama dan ilmu pengetahuan modern. Dia berhasil menghafal Al Qur'an pada usia 10 tahun.


Selama mengenyam pendidikan, Salman banyak mendapat gelar dan penghargaan. Beberapa di antaranya yakni Doktor Kehormatan dari Universitas Islam dari Madina, Dokter Kehormatan Sastra dari Universitas Umm Al Qura di Makkah, Dokter Kehormatan di bidang hukum dari Universitas Waseda di Jepang, dan masih banyak lagi.


Usai terjun dunia politik, Salman juga banyak menduduki jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi antara lain Ketua Komisi Tinggi untuk Pengembangan Riyadh, Ketua Komisi Tinggi untuk Pengembangan Al-Diriyah, Presiden Dewan Pengawas Perpustakaan Nasional Raja Fahad.


Kemudian Ketua Yayasan King Abdul-Aziz, Sekretaris Jenderal Yayasan islam Raja Abdul-Aziz, Presiden Kehormatan Pusat Sosial Pangeran Salman, Ketua Dewan Pengawas Abdul-Aziz bin Baz Charity, dan lain-lain. (blq/bac)