Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia Kubur Kamboja dari SEA Games 2023

Rabu, 10 Mei 2023 | 23:53 WIB Last Updated 2023-05-10T16:53:02Z

Timnas Indonesia U-22 menang atas Kamboja di SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

ARN24.NEWS
– Timnas Indonesia U-22 sukses menyingkirkan Kamboja dari SEA Games 2023 setelah menang 2-1 pada laga terakhir Grup A SEA Games 2023 di Stadion Olympic, Phnom Penh, Rabu (10/5/2023).


Pelatih Indra Sjafri melakukan rotasi pemain dalam laga ini. Pemain-pemain kunci seperti Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, dan Ramadhan Sananta tidak dimainkan Indra.


Indonesia lebih banyak mendominasi laga dan serangan di sepanjang babak pertama. Sementara Kamboja yang ditekan sejak awal memilih memainkan skema serangan balik.


Tim Garuda Muda unggul lebih dulu pada menit kesembilan. Berawal dari sebuah umpan Haykal Alhafiz dari sisi kiri yang disundul Jeam Kelly, Titan Agung yang berada di muka gawang berhasil memanfaatkan bola rebound. 1-0 untuk Indonesia.


Kamboja kemudian secara mengejutkan berhasil membobol gawang Indonesia lewat sundulan Sin Sovannmakara saat injury time babak pertama.


Lewat skema sepak pojok, Sin Sovannmakara melepaskan sundulan melambung ke pojok kiri gawang Adi Satryo. Dan akhirnya Gawang Timnas Indonesia U-22 untuk kali pertama bobol di SEA Games 2023. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.


Di awal babak kedua Indonesia kembali memimpin lewat Beckham Putra. Gelandang asal Persib Bandung itu melakukan aksi solo dan menuntaskan sebuah kans dengan baik sehingga Indonesia kembali memimpin atas tuan rumah pada menit ke-52.


Sebelum melepas tendangan, Beckham lebih dulu mengecoh Sin Sovannmakara. Bola yang ditendang Beckham juga terlihat mengenai tangan Soeuth Nava sebelum bersarang di gawang Reth Lyheng.


Kamboja kemudian nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-67. Namun Leng Nora membuang peluang emas di depan gawang Indonesia yang kosong. Nora gagal memanfaatkan umpan silang yang dilepas Lim Pisoth.


Tuan rumah punya kesempatan terbaik untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti. Kamboja mendapat penalti setelah Sor Rotana dilanggar Muhammad Ferarri pada menit ke-80.


Namun kiper Adi Satryo berhasil memblok tendangan penalti Lim Pisoth. Sayang Adi Satryo harus meninggalkan lapangan setelah dilanggar Lim Pisoth.


Di sisa laga Kamboja terus menekan, hingga pertahanan Indonesia kocar-kacir. Namun skuad Garuda Muda akhirnya berhasil mempertahankan kemenangan 2-1.


Hasil ini membuat Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2023 sebagai juara Grup A dengan 12 poin. Sementara Kamboja dipastikan tersingkir setelah hanya mengoleksi empat poin. (cnn)