Notification

×

Iklan

Iklan

Tengku Rinel Oknum SEVP PTPN III Pamer Moge Ternyata Mantan Atlet Olimpiade Keturunan Sultan

Sabtu, 20 Mei 2023 | 22:18 WIB Last Updated 2023-05-20T15:18:55Z

Tengku Rinel yang bergaya hedon dengan pamer barang mewah di sosial media miliknya. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Viral di media online dan media sosial (medsos), SEVP Business Support PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Tengku Rinel yang memiliki harta kekayaan sebesar Rp7,9 M dan terkesan pamer dengan foto menunggangi motor gede (moge) jenis Harley Davidson, akhirnya dikomentari Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas PTPN III, Tondi Hendriyan Lubis.


"Bukan pamer loh pak. Jauh sebelum menduduki jabatan SEVP Business Support di PTPN III, hobinya mengendarai moge. Sudah punya Harley. Yang bersangkutan juga masuk komunitas Harley Davidson Club Indonesia," kata Tondi saat dikonfirmasi, Sabtu (20/5/2023).


Dikatakan Tondi, harta Tengku Rinel termasuk mobil Mitsubishi Pajero tahun 2017 lalu yang merupakan hadiah dari orang tuanya kepada anaknya, Rian Dafa, sudah dimasukkan ke Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN-KPK) di tahun 2020 ketika pak Rinel menduduki jabatan SEVP Business Support PTPN III.


Makanya kalau dilihat dari LHKPN pertama, Tengku Rinel sudah melaporkan mobil Pajero atas nama anaknya tersebut. 


"Kenapa dimasukkan? Karena pak Rinel  yang bayar pajaknya. Itu kan mengurangi pendapatan," urainya.


Tanya punya tanya, belakangan diketahui kalau Tengku Rinel yang memiliki harta mencapai Rp7,9 miliar itu, masih keturunan Kesultanan Asahan - Tanjungbalai. 


"Silakan ditanya ke berbagai sumber. Pak Rinel itu keturunan dari Kesultanan Asahan - Tanjungbalai. Nama Tengku dikarenakan yang bersangkutan merupakan keturunan Kesultanan Asahan-Tanjungbalai," katanya.


Selain itu, Tengku Rinel juga merupakan mantan atlet Olimpiade cabang Polo Air. Ketika jadi atlet juga pernah dapat bonus terus dia juga digaji. Artinya sewaktu jadi atlet juga duitnya sudah banyak.


Di bagian lain juru bicara PTPN III itu membenarkan informasi mengenai Tengku Rinel pernah dipercayakan mengurus Serikat Pekerja Perkebunan (SPBun) berikut aset seperti SPBU. Pengelolaan aset di lingkungan PTPN III seperti SPBU dimaksud, merupakan model bangun trans guna. 


"Namun setelah menjabat SEVP Bussiness Support PTPN, beliau tidak lagi mengurusi SPBun atau bisnis lainnya. Sebab pejabat di lingkungan pemerintah kan tidak diperbolehkan rangkap jabatan di perusahaan lain misalnya," katanya.


"Kalau mengenai belum dieksposnya LHKPN-KPK Tengku Rinel di Tahun 2022 sepengetahuan Saya dikarenakan belum selesai diverifikasi KPK. Kalau sudah selesai diverifikasi barangkali akan diupdate KPK," pungkas Tondi.


Diberitakan sebelumnya, sosok SEVP Business Support PTPN III (Persero), Tengku Rinel sempat viral di medsos maupun pemberitaan media online yang memiliki harta (mengutip LHKPN- KPK tahun 2021-red) sebesar Rp7.974.604.789 dengan foto menunggangi (moge) Harley Davidson.


Tengku Rinel juga membuat postingan di medsos kunjungan bersama keluarganya di luar negeri. Pamer kekayaannya itu langsung jadi pergunjingan publik.


Antara lain memiliki aset tanah dan bangunan seluas 126 M2 / 16 M2 di Medan senilai Rp952.560.000, tanah seluas 226 M2 senilai Rp522.720.000 serta tanah dan bangunan seluas 525 M2 / 400 M2 juga di Medan senilai Rp2.569.644.009


Alat transportasi, Tengku Rinel memiliki  mobil Dodge Journey tahun 2012 seharga Rp215 juta, Jeep Wrangler Tahun 2011 seharga Rp685 juta, moge Harley Davidson tahun 2013 seharga Rp535 juta, mobil Mitsubishi Pajero tahun 2017 seharga Rp435 juta (hadiah) serta mobil Peugeot Djanggola tahun 2015 seharga Rp20 juta. (sh)