Notification

×

Iklan

Iklan

Ditpamobvit Polda Sumut Dukung dan Komit Jaga Keamanan DPSP Danau Toba

Kamis, 31 Agustus 2023 | 13:39 WIB Last Updated 2023-08-31T06:39:36Z

Direktorat Pemgamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Sumatera Utara (Sumut) mendukung penuh program pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
- Direktorat Pemgamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Sumatera Utara (Sumut) mendukung penuh program pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).


Dukungan itu dilakukan dengan membentuk Polisi Pariwisata berikut perlengkapan canggih untuk memantau, menciptakan dan menjaga keamanan wisatawan Internasional maupun Domestik.


Hal itu disampaikan Kasubdit Ditpamobvit Polda Sumut, Kompol Oloan Siahaan kepada wartawan, Rabu (30/08/2023).


Ia menegaskan komitmen dan dukungan  tersebut dilakukan melalui peran aktif mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Danau Toba, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.


"Sebelum melaksanakan tugas, personel Polisi Pariwisata Polda Sumut rutin melaksanakan apel pagi untuk pengecekan perlengkapan dan menyampaikan arahan pimpinan," katanya.


Lanjut dikatakannya, dukungan Bus Command dan Monitoring Pam Wisata telah memudahkan personel dalam menjaga situasi di lokasi destinasi prioritas.


"Melalui pergelaran perlengkapan, penyiapan administrasi, serta sarana dan prasarana, kami memastikan kelancaran pelaksanaan tugas," ungkap Kompol Oloan. 


Salah satu tugasnya, kata Oloan adalah patroli di berbagai lokasi wisata di Danau Toba menggunakan Bus Command dan Monitoring Pam Wisata.


"Bus yang dilengkapi dengan 2 CCTV dan 7 Kamera portabel ini mampu memberikan pantauan hingga radius lebih kurang 3 km. Personel Polisi Pariwisata dapat melakukan patroli dan sekaligus mengawasi situasi dengan bantuan sepeda listrik dan Segway," sebutnya.


Kompol Oloan menambahkan dari dalam bus, operator dapat memantau situasi di sekitar objek wisata sekaligus berkoordinasi dengan personel yang melaksanakan patroli jika terjadi hal-hal yang mencurigakan.


Selain itu, personel Polisi Pariwisata Polda Sumut juga dibekali kemampuan bahasa Inggris dan public speaking untuk memberikan pelayanan optimal kepada turis asing. Mereka juga aktif menghimbau masyarakat sekitar untuk turut menjaga ketertiban dan kenyamanan objek wisata.


"Ditemukannya aktivitas masyarakat yang mencurigakan, langsung laporkan kepada kami. Kami akan langsung mendatangi dan memberikan himbauan keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar Kompol Oloan.


Sebagai apresiasi dan dukungan terhadap Polisi Pariwisata yang telah berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban di Kawasan Danau Toba, Kompol Oloan Siahaan menghimbau kepada masyarakat untuk turut serta berpartisipasi. 


"Kami meminta kepada masyarakat sekitar Danau Toba untuk menjadi mitra kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan ini. Laporkan jika menemukan aktivitas mencurigakan atau jika merasa terganggu dengan kegiatan yang meresahkan. Kami siap bergerak cepat untuk memastikan situasi selalu aman dan kondusif," pesannya. 


Selain itu, Ia juga menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan rasa cinta terhadap lingkungan. 


"Mari kita jaga kebersihan dan keindahan Danau Toba. Hal ini tidak hanya penting untuk kenyamanan kita sebagai masyarakat lokal, tapi juga untuk memastikan pengalaman yang baik bagi para wisatawan yang berkunjung," pungkasnya. (edt)