Notification

×

Iklan

Iklan

Sungai Batang Kuis Meluap, Rumah Warga Dua Kecamatan Terendam Banjir

Selasa, 26 Desember 2023 | 16:39 WIB Last Updated 2023-12-26T09:39:30Z

Warga berusaha membuat tanggul penahan agar banjir tidak menggenangi rumah mereka. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Hujan seharian yang mengguyur sejumlah daerah di Kabupaten Deli Serdang mengakibatkan Sungai Batang Kuis meluap, Senin (25/12/2023), sehingga ratusan rumah warga di Kecamatan Tanjung Morawa dan Batang Kuis terendam banjir.


Ketinggian air seukuran lutut orang dewasa dan di beberapa tempat mencapai ukuran sepinggang. Rumah warga Gang Rotan Perumahan Taman Sari Dusun XII Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa, kembali terendam banjir.


Banjir genangan air itu berasal dari luapan saluran air yang tak dapat menampung meningkatnya debit air, karena curah hujan yang tinggi sejak dua hari ini, mengakibatkan air merendam pemukiman dan masuk kedalam rumah hingga kedalaman seukuran lutut orang dewasa.


Salah seorang warga Perumahan Taman Sari Ruli (52) mengaku, terpaksa mengevakuasi barang-barang di rumahnya yang rentan digenangi air untuk diselamatkan dari banjir. 


"Terpaksa mengamankan barang tak tahan air seperti elektronik dan baju ke tempat tinggi yang tidak terendam banjir. Banjir naik dari malam karena hujan terus," ujarnya.


Demikian halnya Jiran tetangga Ruli mengaku belum ada pihak BPBD atau Pemerintah Kecamatan Tanjung Morawa datang ke tempat mereka lokasi banjir.


"Mungkin karena disini sudah rutin bolak balik banjir, jadi tidak pulak heboh kali pemerintah dan masyarakat. Untuk mengatasi banjir tahunan di sini, tidak ada yang punya solusi. Kita masyarakat pasrah sajalah. Palingan kalau tak mau kena banjir ya pindah rumah ke daerah lain," tambah Ruli.


Pantauan wartawan, banjir yang merendam ratusan rumah warga di Perumahan Taman Sari Desa Bangun Sari Baru belum juga surut. Banjir juga merendam ratusan rumah warga di Desa Sena dan Desa Bakaran Batu Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang.


Sementara warga khawatir terhadap banjir akan tetap bertahan atau semakin meluas, karena hujan di wilayah itu masih tinggi. Banjir di kedua desa itu cukup parah. Kedalaman air diperkirakan hampir setengah meter, sehingga memasuki sebagian besar rumah warga.


Dengan meluapnya air sungai dan saluran air, sehingga tanggul sungai jebol tak mampu menampung dan menahan debit air yang terus bertambah dari hulu sungai-sungai kecil yang ada di sekitaran desa tersebut.


Di Desa Bakaran Batu tercatat 150 rumah warga yang berada di Dusun I dan II terendam air. Sementara di Dusun X Desa Sena, banjir merendam 50 rumah warga di Perumahan Cendana Asri.


Kapolsek Batang Kuis Jajaran Polresta Deli Serdang AKP Syahrizal menuturkan, tergenangnya rumah warga dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan meluapnya Sungai Batang Kuis yang melintasi perbatasan Perumahan Cendana Asri Dusun X Desa Sena dan Dusun I dan II Desa Bakaran Batu Kecamatan Batang Kuis.


"Kita telah berkoordinasi dengan kades untuk buat dapur umum. Tidak ada korban jiwa namun air masih menggenangi rumah rumah warga. Diperkirakan, apabila tidak ada hujan rumah warga yang tergenang air akan segera surut dan kemungkinan Sungai Batang Kuis akan kembali normal," pungkasnya. (ras/mst)