Notification

×

Iklan

Iklan

Penasihat Forwakum Sumut Robert Siregar Kembali Juara I Lomba Karya Jurnalistik Hakordia Kejati Sumut 2023

Rabu, 03 Januari 2024 | 20:59 WIB Last Updated 2024-01-03T13:59:39Z

Kajatisu Idianto SH MH saat menyerahkan juara I lomba karya tulis jurnalistik yang diinisiasi Kejati Sumut kepada wartawan senior, Robert Siregar. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Unsur Penasehat di Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut), Robert Siregar kembali didaulat sebagai juara I Lomba Karya Tulis Jurnalistik  yang diinisiasi Kejaksaan Tinggi Sumatera (Kejati Sumut), dalam rangka peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023.


Pria 56 tahun tersebut pada peringatan Hakordia 2021 lalu juga keluar sebagai jawara dengan tulisan berjudul, 'Ucok dan Sanggar Perangi, Cegah Korupsi'.

 

Hadiah uang tunai, piala berikut sertifikat diserahkan langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera (Kajati Sumut) Idianto SH MH kepada para pemenang, Rabu (3/1/2024) sore di Aula Lantai II Kantor Kejati Jalan AH Nasution Medan.


Kajati Idianto dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang. 


“Semoga ke depan juga teman-teman (wartawan) lainnya bisa bersaing. Saya yakin, teman-teman yang ikut itu jago-jago semua dalam membuat karya tulis. Tapi mungkin faktor keberuntungan. Bagi teman-teman yang lain jangan berkecil hati,” kata Idianto. 


Idianto menambahkan, penghargaan Kejati Sumut atas karya jurnalistik terhadap para wartawan sangat besar. Bukan dari nilai rupiahnya. 


Mantan Direktur Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejagung RI tersebut berharap sinergitas yang sudah dibangun pada tahun-tahun sebelumnya diharapkan bisa ditingkatkan lagi di 2024 ini.


Ucapan selamat juga disampaikan Ketua Panitia Lomba Karya Tulis Jurnalistik Asisten Intelijen (Asintel) I Made Sudarmawan diwakili Koordinator Intelijen Nanang Dwi Priharyadi kepada para pemenang.


“Hal itu sebagai bentuk apresiasi Kejati Sumut terhadap rekan-rekan jurnalistik dalam mengasah karya terbaiknya dengan para juri terbilang senior di antaranya ahli pers dari dewan pers dan mantan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar. Dalam peringatan Hakordia 2023 baru lalu kami juga menggelar lomba bagi siswa SMA, SMK dan SMP,” urai Nanang Dwi Priharyadi. 


Pada lomba karya tulis di 2023, Robert Siregar wartawan media metro-online.com ini mengusung judul, ‘Meniti Buih Semangat Antikorupsi dan Pemilu 2024 tanpa Hoax’.


Waliyono (kliksumut.com) harus puas di urutan II disusul Jafar Sidik (medancyber.com) sebagai pemenang III. Sedangkan Harapan I ditempati

Toni Hutagalung (orbitdigital), Harapan II Dedy Hutajulu (armadaberita.com) dan Harapan III Irwan SP Manalu (metrorakyat.com).


Usai pemberian hadiah, Kajati Idianto, Wakajati Muhammad Syarifuddin, Asisten Pidana Umum (Aspidum) Luhur Istighfar, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Dr Iwan Ginting, Asisten Pidana Militer (Aspidmil) Kol Chk Makmur Surbakti, Asisten Pembinaan (Asbin) Sukarman Sumarinton, Kabag TU Rahmad Isnaini dan Kasi Penkum Yos Tarigan SH MH, tim juri serta wartawan lainnya pun berswafoto dengan para pemenang.


Usai menerima hadiah, Robert Siregar mengatakan, lomba karya tulis medio Desember 2023 baru lalu sangat menantang sekaligus melelahkan. Sebab dalam hampir bersamaan, dua kegiatan penting sekaligus dihadapinya.


Selain fokus menghadapi Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 64 dan 65 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan (PWI) Sumut tiga hari berturut-turut, sejak 13 Desember 2023, juga fokus menyiapkan bahan lomba karya tulis diinisiasi Kejati Sumut yang deadlinenya pada, 15 Desember 2023.


“Terima kasih buat Sang Alfa dan Omega. Terima kasih buat pak Kajati Sumut Idianto dan jajaran, panitia lomba, tim juri serta rekan-rekan yang memberikan supportnya,” kata Robert Siregar. 


Tulisan tersebut didedikasikannya buat semua pihak. Sebab ‘rohnya’ pemberantasan tindak pidana korupsi, selain penegakan hukum dan dipulihkannya kerugian keuangan negara, semangat pencegahan korupsi secara masif juga sangat dibutuhkan.  


“Juga kudedikasikan buat si buah hatiku, Karina Gloria Siregar yang masih duduk di kelas 6 Sekolah Dasar. Karena dia dan teman sebaya serta juniornyalah nantinya yang menyambut Indonesia Emas tahun 2045 mendatang,” pungkasnya. (sh)