Notification

×

Iklan

Iklan

Iran Berduka, Pemakaman Presiden Ebrahim Raisi Digelar di Taheran Besok

Selasa, 21 Mei 2024 | 09:13 WIB Last Updated 2024-05-21T02:13:18Z

ARN24.NEWS --
Pihak berwenang Iran mengumumkan pada Senin (20/5/2024), bahwa prosesi pemakaman Presiden Ebrahim Raisi akan diadakan di Teheran pada Rabu (22/5/2024). Ebrahim Raisi dan rombongan yang terdiri dari Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada Minggu lalu.

"Pada Rabu pagi, kami akan mengadakan prosesi pemakaman di kota Teheran untuk Raisi dan anggota rombongan lainnya yang tewas dalam kecelakaan itu," kata Mohsen Mansouri, wakil presiden urusan eksekutif kepada televisi pemerintah, dikutip dari AFP, Selasa (21/5/2024).

Otoritas Iran juga telah memutuskan pemilihan presiden digelar pada 28 Juni 2024. "Kalender pemilu disetujui pada pertemuan para kepala kehakiman, pemerintahan, dan parlemen. Sesuai kesepakatan awal Dewan Wali, diputuskan pemilihan presiden ke-14 akan digelar pada 28 Juni," kata televisi pemerintah.

Sementara itu Kepala Staf Militer Iran Mohammad Bagheri memerintahkan penyelidikan penyebab jatuhnya helikopter yang menewaskan Presiden Ebrahim Raisi dan rombongannya. Bagheri memerintahkan "sebuah komite tingkat tinggi untuk meluncurkan penyelidikan mengenai penyebab jatuhnya helikopter presiden" yang terjadi pada Minggu (19/5/2024).

Presiden Iran Ebrahim Raisi dinyatakan meninggal dunia usai helikopter yang mengangkutnya bersama delapan orang lain jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran.

Selain Raisi, helikopter itu juga membawa Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam salat Jumat Tabriz Imam Mohammad Ali Alehashem, seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan, dan pengawal lainnya.

Sejumlah laporan media lokal menuturkan helikopter kemungkinan menabrak bukit. Namun, laporan itu belum dikonfirmasi pihak berwenang. Kecelakaan terjadi usai Raisi menghadiri peresmian bendungan di perbatasan bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Lokasi helikopter jatuh juga hanya beberapa kilometer dari situs bendungan, tepatnya di sebuah wilayah pedalaman dekat Area Dizmar Dilindungi. (cnn/nt)