Notification

×

Iklan

Prancis ke Semifinal Usai Singkirkan Portugal Lewat Adu Penalti

Sabtu, 06 Juli 2024 | 06:00 WIB Last Updated 2024-07-05T23:00:21Z

Selebrasi Prancis usai menang adu penalti lawan Prancis di Euro 2024. (Foto: REUTERS)

ARN24.NEWS
– Prancis menang dramatis atas Portugal lewat adu penalti 5-3 (0-0) pada perempat final Euro 2024 di Stadion Volkspark, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB. Prancis lolos ke semifinal Euro 2024.


Di babak pertama dan kedua, Portugal dan Prancis sama-sama kesulitan untuk membongkar pertahanan satu sama lain. Hingga babak pertama berakhir tak ada satu pun gol yang tercipta.


Pada menit ke-50 Mbappe mengancam gawang Portugal lewat tembakan akurat dari dalam kotak penalti. Namun tembakannya masih mengarah tepat ke penjaga gawang Portugal.


Di menit ke-63 Ronaldo nyaris mencetak gol lewat backheel tapi dapat diblok kiper Prancis. Momen itu berawal dari kiper Prancis memblok tembakan Vitinha, lalu bola pantul mengarah kepada Ronaldo. Sayangnya Ronaldo tidak bisa memaksimalkan peluang itu menjadi gol.


Pada menit ke-66 Prancis dapat peluang emas lewat Randal Kolo Muani. Namun tembakannya menjadi melenceng sedikit dari tiang kanan gawang Portugal karena berhasil diblok Ruben Dias.


Menit ke-70 Prancis dapat peluang emas lagi lewat Camavinga. Sayangnya sontekannya masih sedikit melenceng ke sisi kanan gawang Portugal.


Hingga pertandingan babak kedua berakhir tak ada gol tambahan tercipta. Portugal vs Prancis masih 0-0 hingga akhir babak kedua. Pertandingan dilanjut ke extra time.


Di menit ke-93 Ronaldo membuang peluang emas untuk Portugal. Berdiri bebas menerima umpan dari Conceicao, Ronaldo justru melepaskan tembakan keras yang meluncur deras di atas mistar gawang Prancis.


Hingga babak pertama extra time berakhir tak ada gol yang tercipta. Di awal babak kedua extra time, Mbappe ditarik keluar digantikan Bradley Barcola.


Menit ke-107 Portugal mampu menciptakan peluang lewat sundulan Joao Felix usai meneruskan umpan silang Conceicao. Sayang sundulan Felix masih melenceng di sisi kanan gawang Prancis.


Di menit ke-112, upaya Dembele menyisir sisi kiri pertahanan Portugal nyaris membuahkan hasil. Sayangnya tembakan Dembele dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Portugal.


Pada menit ke-115 pergerakan pemain Prancis Bradley Barcola melewati beberapa bek Portugal di kotak penalti lawan juga gagal diakhiri menjadi gol setelah tembakannya melenceng di sisi kiri gawang Portugal.


Di menit ke-117 Ronaldo ngamuk usai dirinya dijatuhkan bek lawan di kotak penalti Prancis tapi wasit tidak menganggap kejadian tersebut sebagai pelanggaran.


Pada menit ke-120 Portugal mengancam gawang Prancis lewat tendangan Nuno Mendes. Namun tendangan Mendes masih mengarah tepat ke penjaga gawang Prancis.


Hingga dua babak extra time tak ada gol yang tercipta. Pertandingan pun dilanjutkan ke adu penalti.


Adu Penalti

Penendang pertama Prancis, Ousmane Dembele sukses mengecoh kiper Portugal. Prancis unggul 1-0.


Penendang pertama Portugal, Cristiano Ronaldo berhasil menciptakan gol penyeimbang 1-1.


Eksekutor kedua Prancis, Youssouf Fofana juga menjalankan tugasnya dengan baik. Prancis 2-1 Portugal.


Penendang kedua Portugal Bernando Silva juga sukses mencetak gol. Skor menjadi 2-2.


Eksekutor ketiga Prancis, Jules Kounde juga berhasil membawa timnya unggul 3-2 atas Portugal.


Penendang ketiga Portugal, Joao Felix gagal menciptakan gol setelah tembakannya membentur tiang sebelah kiri. Skor Prancis masih unggul 3-2 atas Portugal.


Eksekutor keempat Prancis Bradley Barcola sukses menceploskan bola. Prancis unggul 4-2 atas Portugal.


Penendang keempat Portugal, Nuno Mendes berhasil memasukkan bola mengubah skor 3-4 untuk keunggulan Prancis.


Eksekutor kelima Prancis, Theo Hernandes berhasil mencetak gol kemenangan 5-3 atas Portugal.


Prancis lolos ke semifinal dan akan bertemu Spanyol di semifinal Euro 2024 yang akan digelar pada Rabu (10/7/2024) dini hari mendatang. (cnn/sh