Notification

×

Iklan

Iklan

Bangunan Gedung Baru Pidsus Kejari Medan yang Ambruk Gunakan Dana Hibah Rp 2,5 Miliar!

Minggu, 13 November 2022 | 02:55 WIB Last Updated 2022-11-12T20:05:40Z

Bangunan Gedung Baru Pidsus Kejari Medan yang Ambruk Gunakan Dana Hibah Rp 2,5 Miliar. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Bangunan gedung baru yang akan digunakan untuk ruangan Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan tersebut sudah mengalami kerusakan dikarenakan ambruknya sebagian bangunan, pada Jumat (11/11/2022) pagi.


Padahal, bangunan berlantai dua tersebut masih dalam pengerjaan. Diketahui bangunan itu menggunakan dana hibah dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersumber APBD Tahun 2022 senilai Rp2,5 miliar.


Hal itu dilihat arn24.news dari situs Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) Pemko Medan, pada Sabtu, 12 November 2022.


Dalam situs tersebut, tertulis pembangunan/rehabilitasi hibah gedung Kantor Kejari Medan per tanggal 31 Januari 2022 yang dikerjakan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Kota Medan dengan nilai pagu sebesar Rp2,5 miliar.


Namun, terlihat dari bentuk fisik bangunan dengan besarnya anggaran yang terserap tidak sesuai dengan pengerjaan, sehingga hal itu diduga menyebabkan sebagian bangunan baru tersebut ambruk.


Wali Kota Medan Bobby Nasution melalui Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Kota Medan Endar Sutan Lubis ketika dikonfirmasi mengaku akan memperbaiki bangunan tersebut.


"Terima kasih infonya, kita akan memperbaiki kerusakan bangun tersebut, nantinya kita akan panggil pemborongnya, apabila benar ada kesalahan kita akan memberikan sanksi dengan meminta agar bangunan tersebut dibangun ulang," katanya kepada arn24.news, Jumat, 11 November 2022 siang.


Bagunan gedung baru yang akan digunakan untuk ruangan Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan tersebut sudah mengalami kerusakan dikarenakan ambruknya sebagian bangunan, pada Jumat (11/11/2022) pagi. (Foto: arn24.news)

Diberitakan sebelumnya, gedung baru berlantai dua yang akan dijadikan gedung Pidsus Kejari Medan tersebut diketahui dulunya merupakan pos tempat satpam bertugas. Namun, pada Jumat, (11/11/2022) pagi, sebagian bangunan tersebut ambruk. 


Dari pantauan di lokasi, tanpa rangka besi dan kayu (bekisting) bangunan yang berada dekat  talang air di lantai 2 gedung yang tengah dibangun itu ambruk. Terlihat juga pinggiran atap yang rusak dan jatuh ke halaman gedung. 


Besi baja ringan yang menopang atap itu pun berjatuhan. Ditambah, serpihan bahan bangunan masih berserakan di halaman gedung kantor Kejari Medan.


Informasi dihimpun dari sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan bangunan yang akan digunakan untuk gedung Pidsus tersebut diketahui ambruk pada Jumat (11/11/2022) pagi.


"Taunya pada pagi hari bang, serpihan bangunan dari lantai 2 berjatuhan ke bawah," kata sumber di Kejari Medan, Jumat (11/11/2022) malam.


Ia juga membenarkan bahwa dana pembangunan tersebut merupakan dana hibah dari Pemko Medan. Namun, masih tahapan finishing. "Benar bang, namun belum serah terima dari tekanan ke Dinas Perkim," sebutnya. (rfn)