Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Laliga, Barcelona VS Espanyol: Derby Catalan (LIVE BEINSPORT SABTU MALAM PUKUL 20.0 WIB)

Sabtu, 31 Desember 2022 | 11:19 WIB Last Updated 2022-12-31T04:19:42Z

ARN24.NEWS --
Barcelona belum terkalahkan atas Espanyold dalam 5 pertemuan terakhir keduanya. Namun, Espanyol kerap menyulitkan Barcelona seperti yang terjadi di Derby Catalan musim lalu. Espanyol nyaris mempermalukan Barca di Stadion Cornellia-El Prat. Espanyol bahkan sempat unggul 2-1 hingga 90 menit. Hanya saja, satu gol Luuk De Jong di injury time babak kedua mengagalkan 3 poin Espanyol saat itu.

Kali ini pekan ke-15 pertarungan kedua tim kembali bertemu di Spotify Camp Nou, Sabtu (31/12/2022) pukul 20.00 WIB. Sejauh ini Barcelona berupaya tetap menjaga jarak dari Real Madrid saat melakoni Derby Catalunya kontra Espanyol. Skuad Xavi mengoleksi 37 poin dari 14 laga atau hanya terpaut 2 poin dari Real Madrid. Kemenangan wajib direngkuh, bukan cuma demi mempertaruhkan gengsi dalam derbi, tetapi juga demi tetap berkuasa di peringkat 1 klasemen. 

Sebaliknya, Espanyol kini tengah berjuang menjauh dari zona merah. Los Periquitos tertahan di posisi 16 dengan torehan 12 poin hasil 14 laga. Mereka hanya terpaut 1 poin dari Sevilla dan Cadiz yang menempati peringkat 18 dan 19. Barcelona di atas kertas diunggulkan di laga ini. 

Terlebih, menilik rekor 60 pertemuan terakhir, Blaugrana memenangkan 39 laga berbanding 5 kemenangan Espanyol, sedangkan 16 partai berakhir seri. Akan tetapi, di pertemuan terakhir musim lalu, Espanyol mampu merepotkan Barcelona dengan menahan seri 2-2 dalam laga yang dihelat di Stadion Cornellia-El Prat. 

Catatan lain, Barca memainkan laga ini tanpa top skor tim, Robert Lewandowski. Barcelona menjalani Derby Catalunya tanpa Robert Lewandowski lantaran sang penyerang mendapat sanski skorsing 3 pertandingan. Sanksi itu diberikan sebagai buntut atas aksinya setelah dikartu-merah, yang dianggap melecehkan wasit di laga terakhir kontra Osasuna. 

Kehilangan Lewandowski tentu menjadi kerugian bagi Barcelona. Ia sejauh ini telah mencatatkan 13 gol, atau sepertiga dari total 33 gol Barca. Lewandowski juga akan melewatkan laga penting di pekan selanjutnya kontra Atletico Madrid. Di sisi lain, Barcelona tak memiliki masalah berarti soal pilihan pemain. 

Dua penggawa Prancis yang berlaga di partai final Piala Dunia 2022 sudah kembali ke tim. Ousmane Dembele 2 hari datang lebih cepat ke skuad, disusul Jules Kounde yang nampaknya siap untuk dimainkan. Dengan situasi ini, Barcelona menatap laga derby dengan percaya diri. 

Memang, Barca sedang dalam tren positif 6 kemenangan beruntun di LaLiga. Ini berbanding terbalik dengan rival sekota, Espanyol, yang gagal meraih kemenangan di 5 laga terakhir LaLiga. Selain itu, hingga pekan 14, Barcelona tercatat menjadi tim tersubur LaLiga dengan torehan 33 gol. Pasukan Xavi Hernandez juga menjadi tim paling sedikit kebobolan, hanya 5 gol yang bersarang ke gawang mereka. 

Rerata Barcelona menguasai 64,9 persen bola tiap pertandingan. Sedangkan Espanyol telah menjalani 4 pertandingan selama masa jeda Piala Dunia 2022. Dua laga dimainkan Espanyol di Copa Del Rey dengan hasil dua kemenangan atas CD Rincon (0-3) dan CD Altetico Paso (0-1). Dua laga uji coba dilakoni Espanyol, dengan hasil imbang 1-1 kontra tim liga Belgia KV Mechelen dan sekali kalah melawan Torino dengan skor 0-1. 

Sejauh ini Espanyol baru mencatatkan 2 kali kemenangan di LaLiga. Skuad Diego Martinez mencetak 16 gol dengan 22 kali kebobolan. Akan tetapi, yang perlu dicatat salah satu kemenangan Espanyol didapat saat bertandang ke Athletic Bilbao, tim yang saat ini turut bersaing di papan atas.

Catatan ARN24.NEWS 
 
Derby Catalan ini akan menjadi laga pertama Barcelona setelah jeda panjang Piala Dunia 2022. Barcelona tentunya ingin langsung tancap gas. Pasalnya, posisi mereka di puncak klasemen masih jauh dari kata aman. Barcelona kini dituntut untuk menentukan pilihan di lini depan sebagai pengisi kekosongan Lewandowski dalam 3 pertandingan ke depan. 

Pilihan itu ada pada Ferran Torres, Ansu Fati, atau Memphis Depay. Xavi berpeluang langsung memainkan Ousmane Dembele di sisi kanan penyerangan dan Jules Kounde untuk mengawal lini belakang. Kedua nama tersebut sudah cukup istirahat usai Prancis dikalahkan Argentina di final Piala Dunia 2022. 

Di kubu lawan, Espanyol masih kehilangan Keidi Bare, pemain yang tampil 11 kali dan menempati sektor tengah. Sisanya, Los Periquitos dapat menurunkan skuad terbaik. Di depan, Joselu yang sejauh ini mencatatkan 7 gol di LaLiga akan kembali diandalkan. Lalu eks striker Barcelona, Martin Braithwaite akan kembali tampil di Camp Nou sebagai lawan. Ia sejauh ini telah 9 kali dipercaya tampil di Espanyol dengan mencetak 3 gol.

Barcelona tak terkalahkan dalam 8 laga terakhirnya melawan Espanyol di semua kompetisi. Barcelona mencatatkan 5 clean sheet dalam 8 laga terakhirnya melawan Espanyol di semua kompetisi. Barcelona selalu menang dalam 14 laga kandang terakhirnya melawan Espanyol di semua kompetisi.

Barcelona selalu clean sheet dalam 5 laga kandang terakhirnya melawan Espanyol di semua kompetisi. Barcelona belum terkalahkan dan belum kebobolan dalam laga-laga kandangnya di La Liga musim ini. Barcelona selalu menang dalam 5 laga terakhirnya di La Liga. Barcelona selalu menang dalam 6 laga kandang terakhirnya di La Liga.

Barcelona selalu mencetak minimal 2 gol dalam 5 dari 6 laga kandang terakhirnya di La Liga. Barcelona selalu clean sheet dalam 7 laga kandang terakhirnya di La Liga. Espanyol baru menang 2 kali di La Liga musim ini. Espanyol cuma menang 1 kali dalam 10 laga terakhirnya di La Liga. Espanyol tanpa kemenangan dalam 5 laga tandang terakhirnya di La Liga. 

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Kounde, Christensen, Bellerin; Pedri, Busquets, Gavi; Fati, Ferran Torres, Dembele. (Pelatih: Xavi) 

Espanyol (4-3-3): Lecomte; Olivan, Cabrera, Calero, Gil; Exposito, Darder, Souza; Braithwaite, Joselu, Javi Puado. (Pelatih: Diego Martinez) 

HEAD TO HEAD: 
Barcelona menang: 101
Seri: 39
Espanyol menang: 34.

5 PERTANDINGAN TERAKHIR BARCELONA: 
27-10-22 Barcelona 0-3 Bayern (UCL)
30-10-22 Valencia 0-1 Barcelona (La Liga)
02-11-22 Viktoria Plzen 2-4 Barcelona (UCL)
06-11-22 Barcelona 2-0 Almeria (La Liga)
09-11-22 Osasuna 1-2 Barcelona (La Liga).

5 PERTANDINGAN TERAKHIR ESPANYOL: 
29-10-22 Mallorca 1-1 Espanyol (La Liga)
06-11-22 Atletico Madrid 1-1 Espanyol (La Liga)
10-11-22 Espanyol 0-1 Villarreal (La Liga)
13-11-22 CD Rincon 0-3 Espanyol (Copa del Rey)
21-12-22 Atletico Paso 0-1 Espanyol (Copa del Rey).

STATISTIK:
BARCELONA Menang: 81%
Imbang: 12%
ESPANYOL Menang: 7%
SKOR: 3 - 0 (0 : 2). (nt/sumber)